RPP IPA Kelas IV Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Satuan Pendidikan      : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas/Semester            : IV/I

Alokasi Waktu            : 6 x 35 Menit ( 3 x Pertemuan )

 

Standar Kompetensi

  1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

Kompetensi Dasar

1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

Pokok Pembahasan : Rangka manusia dan fungsinya

 

  1. A. Indikator

Produk

  1. Menunjukan Bagian-bagian rangka manusia
  2. Mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia
  3. Mengelompokkan rangka manusia
  4. Mengelompokan tulang berdasarkan Fungsinya
  5. Menyebutkan macam-macam sendi
  6. Menjelaskan fungsi bagian-bagian rangka

Proses

1. Mengidentifikasikan rangka manusia dengan bantuan torso

2. Menyusun gambar kerangka manusia

3. Menganalogikan gerakan-gerakan sendi

4. Mensimulasikan gerakan-gerakan sendi

Keterampilan Sosial

Melakukan komunikasi melalui bertanya berpendapat, menghargai.

  1. B. Tujuan Pembelajaran

Produk

  1. Memanjangkan model/torso kerangka manusia, siswa dapat menujukan bagian-bagian rangka manusia yang terlihat pada model/torso yang dipajangkan di depan kelas
  2. siswa dapat mengidentifikasi tulang penyusun rangka manusia dengan bantuan torso kerangka manusia
  3. Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa mampu menyebutkan nama-nama tulang
  4. Diberikan torso dan gambar kerangka manusia siswa mampu mengelompokkan tulang penyusun rangka manusia sesuai jenisnya
  5. Diberikan torso rangka manusia dan gambar siswa dapat menyebutkan bagian rangka anggota gerak
  6. Diberikan torso dan gambar siswa mampu menyebutkan jenis-jenis sendi berdasarkan funsi dan letaknya dengan benar
  7. Diberikan torso kerangka manusia, siswa mampu menjelaskan fungsi rangka dan tulang dengan bantuan torso dan bahan bacaan

Proses

  1. Diberikan torso kerangka manusia. Siswa mampu menginterprestasikan rangka manusia
  2. Tanpa buku, siswa dapat menyusun gambar kerangka manusia
  3. Diberikan torso kerangka manusia siswa mampu mengelompokan gerakan-gerakan sendi
  4. Tanpa buku siswa mampu menyebutkan gerakan-gerakan sendi
  5. Dengan torso, siswa mampu menginterprestasikan fungsi rangka manusia dengan benar
  6. Membaca materi, siswa mampu membaca materi tentang fungsi rangka manusia dengan benar

Keterampilan sosial

Terlibat dalam kompetensi yang berpusat pada siswa, siswa dapat melakukan komunikasi melalui bertanya,berpendapat, menghargai

  1. C. Materi pembelajaran
    1. Rangka kepala,Rangka badan, dan Rangka gerak
    2. fungsi rangka
  2. D. Model pembelajaran

1. Model Pembelajaran langsung

2. Motode : Presentasi, bertanya, diskusi, pemberian tugas

3. Strategi membuat catatan menarik

  1. E. Langkah-langkah kegiatan

Pertemuan pertama (2´35 menit)

Materi rangka kepala dan rangka badan

Tujuan pembelajaran:

- Produk: 1,2,3,4,

- Proses;1,2

Pendahuluan (± 10 Menit)

  1. Guru memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu “layang-layang” kemudian  guru  bertanya ‘ Anak-anak coba perhatikan layang-layang ini, bagus tidak? Sekarang ibu robek kertasnya tinggal apanya lagi anak-anak? siswa mengemukakan pendapatnya. Guru kemudian mengemukakan bahwa “kita manusia memiliki rangka sama seperti layang-layang”
  2. Guru kemudian meminta siswa untuk berdiri, berjalan, menoleh kekiri dan kanan kemudian duduk kembali. Selanutnya guru bertanya “mengapa kalian bisa melakukan gerak-gerak tersebut?”  kemudian guru bertanya lagi “saat berdiri, berjalan, menoleh kekiri dan kanan bagian apa yang dilibatkan
  3. kemudian, guru memotivasi dengan menujukan siswa torso dan gambar kerangkah manusia, kemudian mengajukan pertanyaan “apa yang ibu bawa?” guru menampung pendapat siswa dan mengarahkan bahwa alat yang ditunjukan adalah torso kerangka manusia
  4. 4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan siswa selama proses pembelajaran

Kegiatan inti (± 40 Menit)

  1. Guru menampilkan media torso rangka manusia di depan kelas, kemudian guru menyajikan informasi tentang kerangka manusia dan menunjukan bagian-bagian kerangka manusia serta tulang-tulang penyusun rangka manusia
  2. Guru meminta beberapa orang siswa maju kedepan kelas menunjukkan kembali bagian-bagian kerangka manusia serta tulang-tulang penyusun kerangka manusia pada torso
  3. Guru menyajikan informasi secara umum bahwa kerangka manusia terdiri dari 4 bagian tetapi yang dipelajari hari ini hanya 2 bagian  yaitu kerangka kepala, dan kerangka badan
  4. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok, masing-masing kelompok di beri LKS, guru menjelaskan petunjuk yang ada di LKS dan bekerja sesuai dengan petunjuk yang ada di LKS
  5. Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS sesuai petunjuk yang ada di LKS
  6. Hasil diskusi (LKS) dikumpul kemudian guru membagi LKS secara acak ke setiap kelompok  untuk dibahas bersama-sama
  7. Guru meminta perwakilan setiap kelompok  untuk membahas hasil diskusi dengan cara memberi nama tulang penyusun kerangka kepala dan kerangka badan manusia, sesuai dengan media gambar yang telah di sediakan  oleh guru.memberikan tanggapan terhadap hasil jawaban siswa dan memberikan  pengarahan terhadap siswa yang belum tepat
  8. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang dibahas

Penutup (± 20 Menit)

  1. Kegiatan untuk mengingat kembali

Guru memberikan kuis lisan dari materi yang yang sudah dipelajari

  1. Guru meminta siswa untuk menyimpulkan atau mengemukakan materi yang yang telah dipelajari
  2. Evaluasi

Pertemuan kedua (2´35 menit)

Materi: Rangka Anggota gerak dan Sendi

Tujuan pembelajaran:

-produk: 5,6,

-proses: 3,4

Pendahuluan (± 10 Menit)

  1. Guru memotivasi dengan mengingiat/mengulang kembali rangka-rangka manusia pada pertemuan sebelumnya kemudian mengajak siswa untuk berdiri kemudian menyuru anak untuk untuk mengangkat tangan, kaki,menggerakan kepala kekiri dan kekanan kemudian memberi pertanyaan “mengapa kaki bisa diangkat ? pinggul bisa digoyang ? kenapa bisa demikian ?” guru menampung jawaban siswa sehingga guru dapat menghubungkan dengan tujuan pembelajaran
  2. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses kegiatan belajar mengajar

Kegiatan Inti  (± 40 Menit)

  1. Guru menyajikan informasi tentang rangka anggota gerak atas dan anggota gerak bawah, kemudian memberi contoh anggota gerak atas dan anggota gerak bawah
  2. Guru melakukan tanya jawab dengan mengajukan pertanyaan dari materi yang telah diinformasikan yaitu apa nama anggota gerak atas dan gerak bawah? Kemudian meminta siswa untuk menujukan pada torso yang ada
  3. Guru meminta siswa dari setiap perwakilan kelompok yang telah dibagi untuk mengambil LKS
  4. Guru meminta siswa dari setiap kelompok memahami petunjuk kerja lebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan pada LKS
  5. Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan kegiatan yang ada di LKS
  6. Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
  7. Guru membahas siswa kegiatan yang ada di LKS dan menginformasikan kunci jawaban yang benar dengan melibatkan siswa sehingga siswa memahami berbagai jenis sendi
  8. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berprestasi berupa pujian

Kegiatan penutup (± 20 Menit)

  1. Guru Membimbing siswa menyimpulkan materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan
  2. Guru memberikan evaluasi
  3. Guru memberikan tindak lanjut

 

Pertemuan  ketiga (2×35 menit)

Materi:Fungsi Ragka

Tujuan pembelajaran:

-Produk: 7

-Proses: 5,6

Pendahuluan (± 10 Menit)

  1. Guru memotivasi dengan mengingiat/mengulang kembali rangka-rangka manusia pada pertemuan sebelumnya kemudian bertanya pada siswa”anak-anak coba kalian bayangkan apa yang terjadi jika bagian-bagian tubuh kalian yang rapuh terbentur bendah keras otak yang amat lembut tentu menjadi hancur .
  2. Guru memaparkan tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilakukan pada proses kegiatan belajar mengajar

Kegiatan Inti  (± 40 Menit)

  1. Guru menyajikan informasi tentang fungsi rangka
  2. Guru melakukan Tanya jawab dengan mengajukan pertanyaan dari materi yang telah diinformasikan yaitu beberapa macam fungsi rangka manusia
  3. Guru meminta siswa dari setiap perwakilan kelompok yang telah dibagi untuk mengambil LKS
  4. Guru meminta siswa dari setiap kelompok memahami petunjuk kerja lebih dahulu sebelum mengerjakan kegiatan pada LKS
  5. Guru membimbing kelompok dalam mengerjakan kegiatan yang ada di LKS
  6. Guru meminta perwakilan kelompok untuk memprsentasikan
  7. Guru membahas siswa kegiatan yang ada di LKS dan menginformasikan kunci jawaban yang benar dengan melibatkan siswa sehingga siswa memahami fungsi rangka
  8. Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang berprestasi berupa pujian

Kegiatan penutup (± 20 Menit)

  1. Guru Membimbing siswa merangkum materi pelajaran hari ini berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan
  2. Evaluasi
  3. Guru memberikan tindak lanjut

F. Alat dan Bahan

 

1.  Buku siswa rangka manusia

2  .LKS 1

  1. Kunci LKS 1
  2. LP 1 : Produk
  3. LP 2 : Proses
  4. Kunci LP 1
  5. Kunci LP 2
  6. Model kerangka manusia Torso
  7. Slide
  8. mode kerangka manusia
  9. Torso
  10. Model kerangka manusia
  11. Gambar


G. Sumber pembelajaran

-Haryanto, 2004. Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga

-Http://id.wikipedia.org/wiki /Daftar Tulang Pada Tangka Rangka Manusia: Google.

-  Tim Bina IPA,2008. Ilmu Pengetahuan Alam IV,Bogor: Yudhistira

 

 

 

H. Penilaian

  1. Penilaian hasil belajar

Penilaian Evaluasi (post tes) dan Perkerjaan siswa berupa LDS

  1. Alat Penilaian

Terlampir

Bengkulu,                             201

 

 
 

LEMBAR KEJA SISWA

PERTEMUAN 1

 

Nama Kelompok         :

Nama Anggota            :

Sub Pokok Bahasan  : Bagian Rangka Manusia (Rangka Kepala / Tengkorak  dan Badan)

Alokasi Waktu            :

Petunjuk                      :

  1. Susunlah kartu gambar kerangka kepala dan badan manusia yang telah menjadi gambar kerangka kepala dan kerangka badan manusia yang tepat sesuai dengan pola yang telah dibentuk oleh titik-titik di dawah ini!
  2. Berilah nama-nama tulang penyusun bagian rangka kepala dan rangka badan manusia sesuai dengan nomor yang telah ada pada gambar dan tuliskan pada kolm dibawah ini!

 

No Gambar Nama Tulang Penyusun
1 Rangka Kepala

  1. Bagian Muka

 

 

 

  1. Bagian Belakang

 

 

 

 

2 Rangka Badan

  1. Tulang Dada dan Tulang Rusuk

 

 

  1. Tulang Gelang Bahu

 

  1. Tulang Belakang

 

 

  1. Tulang Gelang Pinggul

 

 

 

 

KUNCI JAWABAN LKS

Pertemuan 1

1. Rangka Kepala

A. Bagian Muka

    1. Tulang Dahi
    2. Tulang pipi
    3. Tulang Hidung
    4. Tulang Rahang Atas
    5. Tulang Rahang Bawah
  1. Bagian Belakang
    1. Tulang Ubun-ubun
      1. Tulang Pelipis
      2. Tulang Baji
      3. Tulang Tapis
      4. Tulang Tengkorak Belakang

3.Rangka Badan

  1. Tulang Dada dan Tulang Rusuk

1. Tulang punggung

2. Tulang dada

3. Badan Tulang Dada

4. Taju Tulang Dada

5. Tulang Rusuk Palsu

6. Tulang Rusuk Sejati

7. Tulang Rusuk Melayang

B. Tulang Gelang Bahu

  1. Tulang Selangka
  2. Tulang Belikat
    1. Tulang Belakang
    2. 7 Ruas Tulang Leher

2.  12 Ruas TulangPunggung

  1. 5 Ruas Tulang Pinggang
  2. 5 Ruas Tulang Kemaluan Barsatu
  3. 4 Ruas Tulang Ekor Bersatu

D. Tulang Gelang Pinggul

  1. 2 Tulang Usus
  2. 2 Tulang  Kemaluan
  3. 2 Tulang Duduk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

EVALUASI

PERTEMUAN I

Petunjuk : Berilah nama-nama tulang penyusun rangka kepala dan rangka badan   sesuai dengan nomor yang ada pada gambar disamping!

 

Gambar Nama Tulang Penyusun
.

 

 

 

 

 

Kunci Jawaban Evaluasi Pertemuan 1

 

  1. Tulang Dahi
  2. Tulang Pipi
  3. Tulang Rahang Bawah
  4. Tulang Pelipis
  5. Tulang Tengkorak Belakang
  6. Tulang Rusuk Sejati
  7. Tulang Belikat
  8. Tulang Selangka
  9. Tulang Duduk

10.  Tulang Kemaluan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBARAN KEGIATAN SISWA  2

Pertemuan (2)

Nama Kelompok         :

Nama Anggota            :

1.

2.

3.

Sub Pokok Bahasan :  Rangka manusia dan fungsinya

Petunjuk             : Bacalah dengan sesama langkah-langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku penuntun mengerjakan pertanyaan, silakan bekerjasama dengan anggota kelompok kalian kemudian beri tanda  (√) pada kolom di bawa ini!

 

No Pertanyaan Sendi Engsel Sendi Pelana Sendi Peluru Sendi Petur Sendi Geser
1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

5.

Coba kamu gerak-gerakan ibu jari tanganmu dan tulang telapak tanganmu ke mana saja ibu jarimu dapat kamu gerakan dan termasuk sendi apa ibu jarimu dan telapak tangan mu?

Coba kamu gerak-gerakan siku atau lututmu. Sendi apa yang terdapat di siku atau lututmu !

Coba kamu gerakan lengan atasmu atau pahamu kemana saja. Lengan atas atau paha kamu dapat gerakan termasuk sendi apa lengan atas/ atau pahamu!

Coba gerakan lehermu kekanan dan ke kiri termasuk sendi apakah tulang lehermu?

Coba kamu gerakan pergelangan tanganmu termasuk sendi apa pergelangan tanganmu

         

Kunci Jawaban LKS

Pertemuan 2

No Pertanyaan Sendi Engsel Sendi Pelana Sendi Peluru Sendi Petur Sendi Geser
1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

5.

Coba kamu gerak-gerakan ibu jari tanganmu dan tulang telapak tanganmu ke mana saja ibu jarimu dapat kamu gerakan dan termasuk sendi apa ibu jarimu dan telapak tangan mu?

Coba kamu gerak-gerakan siku atau lututmu. Sendi apa yang terdapat di siku atau lututmu !

Coba kamu gerakan lengan atasmu atau pahamu kemana saja. Lengan atas atau paha kamu dapat gerakan termasuk sendi apa lengan atas/ atau pahamu!

Coba gerakan lehermu kekanan dan ke kiri termasuk sendi apakah tulang lehermu?

Coba kamu gerakan pergelangan tanganmu termasuk sendi apa pergelangan tanganmu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi Pertemuan 2

Nama Siswa   :

Petunjuk        :  Jawablah Pertanyaan Dibawah ini

 

Soal

  1. Berikan contoh sendi pelana
  2. Sebutkan 2 macam anggota gerak pada manusia !
  3. Sebutkan jenis-jenis sendi pada manusia !
  4. Apa perbedaan  engsel dengan sendi peluru
  5. Sendi apa yang merupakan pertemuan antara ujung tulang berbentuk bola dan tulang berbentuk mangkok ?

 

Kunci jawaban evaluasi

pertemuan 2

 

  1. Tulang pertama telapak tangan, tulang pangkal ibu jari, tulang pertama pergelangan tangan
  2. Tangan,kaki
  3. sendi engsel, putar, pelana, peluru, geser
  4. perbedaanya sendi engsel hanya dapat digerakan ke satu arah, sedangakan sendi peluru dapat digerakan ke semua arah
  5. sendi peluru

Lembar Kegiatan Siswa (LKS)

Pertemuan kedua (3)

 

Nama Kelompok         :

Nama Anggota            :

1.

2.

3.

Sub Pokok Bahasan    : fungsi rangka

Alokasi Waktu            :

Petunjuk                      : Bacalah dengan sesama langkah-langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama. Gunakan buku penuntun mengerjakan pertanyaan, silakan bekerjasama dengan anggota kelompok kalian isilah kolom         dibawah ini

 

No Nama Rangka fungsi
1.

 

 

 

2.

 

 

 

3.

 

 

4.

Rangka kepala

 

 

 

Rangka rongga leher

 

 

 

Tulang pinggul

 

 

 

Tulang belakang

 

 

 

 

 

 

 

Kunci Jawaban LKS  Pertemuan 3

 

No Nama Rangka fungsi
1.

 

 

2.

 

3.

 

 

4.

Rangka kepala

 

 

Rangka rongga leher

 

Tulang pinggul

 

 

Tulang belakang

 

 

Melindungi otak , mata, telinga, hidung dan saluran pernapasan bagian atas.

 

Melidungi tenggorokan dan kerongkongan

 

Melindungi alat pencernaan dan alat reproduksi(kelamin) bagian dalam.

 

Menegakan badan dan melindungi sum-sum Tulang belakang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi pertemuan 3

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Sebutkan 4 macam fungsi rangka pada manusia ?

2. Apa fungsi tulang tengkorak pada tubuh kita?

3. Sebutkan organ tubuh yang di lindungi oleh rangka tubuh manusia?

4. Coba kalian jelaskan apa yang terjadi jika tubuh kita tidak memiliki rangka?

5. Jelaskan hubungan antara rangka dan otot pada tubuh kita!

Kunci jawaban evaluasi

pertemuan 3

  1. - Rangka menguatkan  dan menegakkan tubuh

- Rangka menentukan bentuk tubuh

- Rangka merupakan tempat melekatnya otot

- Rangka melindungi bagian tubuh yang penting

2.   Untuk melindungi Otak

3.   Hati, jantung, paru-paru

4.   Kita tidak biasa tegak berdiri

5.  Rangka meruakan tempat melekatnya otot, tanpa rangka otot-oto kita tidak mempunyai tempat melekat. Jika otot tidak mempunyai tempat melekat,maka anggota badan kita tidak dapat digerakan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: