RPP Matematika Kelas IV Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (R P P)

 

Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar

Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas/Semester           : IV/I

Alokasi Waktu           : 6 x 35 menit (3 x pertemuan)

 

Standar Kompetensi

  1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi Dasar

1.1.   Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung.

 

  1. A. Indikator

Produk

  1. Membuktikan operasi hitung penjumlahan dan perkalian bersifat komutatif atau pertukaran
  2. Menyelesaikan operasi hitung dengan menggunakan sifat komutatif pertukaran pada penjumlahan dan perkalian
  3. Membuktikan operasi hitung penjumlahan dan perkalian bersifat asosiatif atau pengelompokan
  4. Menyelesaikan operasi hitung dengan menggunakan sifat asosiatif atau pengelompokkan pada penjumlahan dan perkalian.
  5. Membuktikan operasi hitung  bersifat distributif atau penyebaran
  6. Menyelesaikan operasi hitung dengan menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokkan pada perkalian dan penjumlahan.

Proses

  1. Menjelaskan strategi dalam melakukan operasi hitung dengan menggunakan sifat pertukaran pada penjumlahan dan perkalian.
  2. Menjelaskan cara melakukan operasi hitung dengan menggunakan sifat pengelompokkan pada penjumlahan dan perkalian.
  3. Melakukan pengecekan dalam melakukan operasi hitung dengan menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokkan pada perkalian dan pengurangan.

Keterampilan Sosial

  1. Melakukan komunikasi yang meliputi keterampilan bertanya, berpendapat, dan presentasi.

 

  1. B. Tujuan Pembelajaran

Produk

  1. Melalui penggunakan alat peraga pipet dan pensil, siswa dapat membuktikan bahwa operasi penjumlahan bersifat komutatif atau pertukaran dengan benar.
  2. Melalui contoh soal, siswa dapat menyelesaikan operasi perkalian bersifat asosiatif atau pengelompokan dengan tepat.
  3. Dengan menggunakan alat peraga pipet dan pensil, siswa dapat membuktikan bahwa operasi perkalian bersifat komutatif atau pertukaran dengan benar.
  4. Melalui contoh soal, siswa dapat menyelesaikan operasi perkalian bersifat asosiatif atau pengelompokan dengan tepat.
  5. Dengan menggunakan alat peraga pipet dan pensil, siswa dapat membuktikan bahwa operasi penjumlahan bersifat asosiatif atau pengelompokan dengan benar.
  6. Diberikan contoh soal, siswa dapat menyelesaikan operasi perkalian bersifat asosiatif atau pengelompokan dengan tepat.
  7. Diberikan contoh soal, siswa dapat menyelesaikan operasi hitung dengan sifat distributive atau penyebaran dengan benar.

.

Proses

  1. Diberikan suatu permasalahan dengan melakukan penghitungan dengan cara pertukaran, siswa dapat melakukan penjumlahan dan perkalian dan cara menyelesaikannya.
  2. Siswa dapat menyelesaikan penghitungan dengan cara pengelompokkan pada perkalian dan penjumlahan.
  3. Setelah melakukan pertukaran dan pengelompokkan dalam penghitungan siswa dapat melakukan pengecekan terhadap hasil perkalian pada penjumlahan dan perkalian pada pengurangan.

 

Keterampilan Sosial

  1. Setelah anak terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka siswa dapat melakukan komunikasi dalam bertanya, mengeluarkan pendapat, presentasi dan menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan operasi bilangan dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. C. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan     : Konstruktifistik
    2. Metode            : Tanya jawab, Demonstrasi, Penugasan, Pemecahan masalah (problem solving) dengan bimbingan guru, dan Diskusi kelompok.

 

  1. D. Materi

Mengenal sifat-sifat operasi hitung:

  1. Sifat komutatif pada penjumlahan
  2. Sifat komutatif pada perkalian.
  3. Sifat asosiatif pada penjumlahan.
  4. Sifat asosiatif pada perkalian.
  5. Sifat distributif perkalian pada penjumlahan.
  6. Sifat distributif perkalian pada pengurangan.

(Terlampir)

 

  1. E. Sumber Pembelajaran
    1. Buku Matematika SD Kelas IV, Penerbit Platinum, halaman 3-7
    2. Kurikulum BSNP KTSP
    3. Silabus SD Kelas IV Semester I

 

  1. F. Alat dan Bahan
    1. Pipet dan pensil

 

 

 

 

 

  1. G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)

Pendahuluan (± 5 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Memotivasi siswa dengan menceritakan pentingnya materi operasi hitung bilangan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan menganalogikan sekilas tentang pedagang warung manisan harus belajar KABATAKU agar tidak ditipu orang dalam hal uang.
Terlaksana / Tidak
  1. Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
Terlaksana / Tidak

 

 

Inti (± 50 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Menyampaikan informasi dengan meminta siswa membaca buku ajar halaman 3 tentang sifat komutatif pada penjumlahan dan perkalian.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa membuktikan tentang sifat komutatif pada penjumlahan dengan alat peraga pipet dan pensil.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa membuktikan operasi  perkalian dengan bantuan alat peraga pipet dan pensil.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa diminta untuk menyelesaikan contoh soal penjumlahan yang bersifat komutatif di papan tulis.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa menyelesaikan contoh soal perkalian yang bersifat komutatif dengan alat peraga pipet dan pensil.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai materi pembelajaran tentang sifat komutatif pertukaran pada penjumlahan dan perkalian.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru membagikan LKS kepada seluruh siswa.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa mengerjakan LKS untuk memecahkan masalah dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum jelas mengenai materi pembelajaran.
Terlaksana / Tidak
10.  Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil LKS di depan kelas. Terlaksana / Tidak
11.  Guru dan siswa membahas jawaban LKS bersama-sama Terlaksana / Tidak
12.  Memberikan penghargaan secara verbal pada siswa yang mempresentasikan hasil LKS di depan kelas. Terlaksana / Tidak

 

Penutup (± 15 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa Pekerjaan Rumah (PR).
Terlaksana / Tidak
  1. Guru menutup pembelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.
Terlaksana / Tidak

 

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)

Pendahuluan (± 5 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Memotivasi siswa dengan menceritakan pentingnya materi operasi hitung bilangan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mempelajari matematika lebih lanjut. Misalnya untuk memahami sifat pengelompokkan pada operasi penjumlahan dan perkalian, guru menganalogikan dengan penjumlahan/perkalian buah jeruk yang dikelompok-kelompokkan (asosiatif).
Terlaksana / Tidak
  1. Menyampaikan tujuan dan topik pembelajaran.
Terlaksana / Tidak

Inti (± 50 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Menyampaikan informasi dengan meminta siswa membaca buku ajar pada halaman 4 tentang sifat asosiatif pada penjumlahan dan perkalian.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa membuktikan tentang sifat asosiatif pengelompokan pada penjumlahan dengan alat peraga pipet, pensil, dan pena.
Terlaksana / Tidak

 

  1. Siswa membuktikan tentang sifat asosiataif pada perkalian dengan alat peraga pipet, pensil, dan pena.
Terlaksana / Tidak
4.  Siswa menyelesaikan contoh soal penjumlahan dan perkalian besifat asosiatif dengan alat peraga pipet dan pensil. Terlaksana / Tidak
  1. Guru membagikan LKS kepada tiap siswa serta menjelaskan langkah-langkahnya.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa mengerjakan LKS untuk memecahkan masalah dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum jelas mengenai materi pembelajaran.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil LKS di depan kelas dan memberikan penilaian kelompok terhadap aktivitas setiap kelompok.
Terlaksana / Tidak
  1. Memberikan penghargaan secara verbal pada siswa yang mempresentasikan hasil LKS di depan kelas.
Terlaksana / Tidak

 

Penutup (± 15 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan tindak lanjut berupa PR
 
  1. Guru menutup pembelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.
Terlaksana / Tidak

 

 

Pertemuan Ketiga (2 x 35 menit)

Pendahuluan (± 5 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Memotivasi siswa dengan menceritakan pentingnya materi ini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan mempelajari matematika lebih lanjut. Misalnya dengan menganalogikan ‘a’, ‘b’, dan ‘c’ sebagai nama siswa, dimana mereka semua harus berteman satu sama lain. ‘a’ dengan ‘b’, ‘a’ dengan ‘c’, dan ‘b’ dengan ‘c’.
Terlaksana / Tidak
  1. Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
Terlaksana / Tidak

 

Inti (± 50 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Menyampaikan informasi dengan meminta siswa membaca buku ajar pada halaman 5 tentang sifat distributif perkalian pada penjumlahan dan sifat distributif perkalian pada pengurangan.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan contoh soal materi pembelajaran tentang sifat distributif pada operasi hitung yang ditulis di papan tulis.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa  menyelesaikan contoh soal operasi hitung yang bersifat distributif.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum jelas mengenai materi pembelajaran.
Terlaksana / Tidak
  1. Secara klasikal, beberapa siswa maju ke depan menyelesaikan soal yang guru buat.
Terlaksana / Tidak
  1. Dengan bimbingan guru, siswa lain menanggapi hasil pekerjaan temannya
 
  1. Memberikan penghargaan secara verbal pada seluruh siswa khususnya yang berani menyelesaikan soal di depan kelas.
Terlaksana / Tidak

 

Penutup (± 15 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa Pekerjaan Rumah (PR).
Terlaksana / Tidak
  1. Guru menutup pembelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.
Terlaksana / Tidak

 

  1. H. Penilaian

1.Prosedur: awal, proses, akhir

2.Jenis: lisan dan tertulis

3.Bentuk: isian singkat

4.Alat: soal, LKS, kunci jawaban, pedoman penilaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bengkulu,                             201

LEMBAR KERJA SISWA (L K S) PERTEMUAN 1

 

Nama               :

Kelas               :

Hari / Tanggal :

 

Setelah kalian mempelajari materi tentang sifat komutatif pada penjumlahan dan perkalian, diharapkan kalian dapat melakukan penghitungan dengan melakukan pertukaran pada penjumlahan dan perkalian. Untuk itu hitunglah bilangan di bawah ini dengan menggunakan cara komutatif dengan mendiskusikannya dengan teman sebangkumu!

  1. 195 + 185 = ……… + 195
  2. N + 306 = 306 + 250; N = …….
  3. 9 x 400 = ……. X 9
  4. ……. X 72 = 72 x 60
  5. 6 x 20 = p x 6; p = …….

KUNCI JAWABAN LKS PERTEMUAN 1

  1. 195 + 185 = 185 + 195
  2. N + 306 = 306 + 250; N = 250
  3. 9 x 400 = 400 X 9
  4. 60 X 72 = 72 x 60
  5. 6 x 20 = p x 6; p = 20

No Soal Bobot Nilai
1

2

3

4

5

2

2

2

2

2

Total Nilai Akhir = 10

FORMAT PENILAIAN:

 

 

 

 

EVALUASI PERTEMUAN 1

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

  1. 80 + 20 = 20 + …….
  2. 195 + 185 = ……… + 195
  3. 451 + …… = 40 + 451
  4. 405 + N = 300 + 405; N = …….
  5. N + 306 = 306 + 250; N = …….
  6. 7 x 4 = 4 x ……
  7. 9 x 400 = ……. X 9
  8. ……. X 72 = 72 x 60
  9. 6 x 20 = p x 6; p = …….

10.  P x 75 = 75 x 5; p = ……..

 

KUNCI JAWABAN EVALUASI PERTEMUAN 1

  1. 80 + 20 = 20 + 80
  2. 195 + 185 = 185 + 195
  3. 451 + 40 = 40 + 451
  4. 405 + N = 300 + 405; N = 300
  5. N + 306 = 306 + 250; N = 250
  6. 7 x 4 = 4 x 7
  7. 9 x 400 = 400 X 9
  8. 60 X 72 = 72 x 60
  9. 6 x 20 = p x 6; p = 20

10.  P x 75 = 75 x 5; p


LEMBAR KERJA SISWA PERTEMUAN 2

Nama                           :

Kelas                           :

Hari / Tanggal             :

 

Diskusikanlah dengan temanmu untuk melakukan penjumlahan dan perkalian pada sifat asosiatif dengan cara pengelompokkan terlebih dahulu sebelum menjumlahkan atau mengalikannya!

  1. (4 00 + 200) + 65 = 400 + (…….. + 65)
  2. ( ….. + 350) + 250 = 150 + (350 + 250)
  3. (n + 825) + 75 = 125 + (825 + 75); n = ……
  4. (3 x ……) x 8 = 3 x (6 x 8)
  5. (n x 9) x 7 = 8 x (9 x 7); n = …….

 

KUNCI JAWABAN LKS PERTEMUAN 2

  1. (4 00 + 200) + 65 = 400 + (200 + 65)
  2. (150 + 350) + 250 = 150 + (350 + 250)
  3. (n + 825) + 75 = 125 + (825 + 75); n = 125
  4. (3 x 6) x 8 = 3 x (6 x 8)
  5. (n x 9) x 7 = 8 x (9 x 7); n = 8
No Soal Bobot Nilai
1

2

3

4

5

2

2

2

2

2

Total Nilai Akhir = 10

FORMAT PENILAIAN:

 

 

 

 

EVALUASI PERTEMUAN 2

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

  1. (4 00 + 200) + 65 = 400 + (…….. + 65)
  2. (100 + 75) + …… = 100 + (75 + 25)
  3. ( ….. + 350) + 250 = 150 + (350 + 250)
  4. (20 + 80) + = 20 + (80 + n); n = ……..
  5. (n + 825) + 75 = 125 + (825 + 75); n = ……
  6. (4 x 5) x 6 = 4 x (5 x ……)
  7. (3 x ……) x 8 = 3 x (6 x 8)
  8. ( …… x 9) x 5 = 3 x (6 x 8)
  9. (6 x 4) x 2 = 6 x (4 x n); n = …….

10.  (n x 9) x 7 = 8 x (9 x 7); n = …….

KUNCI JAWABAN EVALUASI PERTEMUAN 2

  1. (4 00 + 200) + 65 = 400 + (200 + 65)
  2. (100 + 75) + 25 = 100 + (75 + 25)
  3. (150 + 350) + 250 = 150 + (350 + 250)
  4. (20 + 80) + 35= 20 + (80 + n); n = 35
  5. (n + 825) + 75 = 125 + (825 + 75); n = 125
  6. (4 x 5) x 6 = 4 x (5 x 6)
  7. (3 x 6) x 8 = 3 x (6 x 8)
  8. (3 x 9) x 5 = 3 x (5 x 9)
  9. (6 x 4) x 2 = 6 x (4 x n); n = 2

10.  (n x 9) x 7 = 8 x (9 x 7); n = 8


LEMBAR KERJA SISWA PERTEMUAN 3

Nama               :

Kelas               :

Hari / Tanggal :

 

Diskusikanlah dengan teman sebangkumu untuk menghitung bilangan di bawah ini dengan menggunakan sifat distributif pada penjumlahan dan perkalian pada pengurangan!

  1. 8 x ( 10 + 6) = (8 x 10) + (8 x ……)
  2. ( ….. + 6) x 9 = (4 x 9) + (6 x 9)
  3. (n x 7) x 8 = (3 x 8) + (7 x 8); n = ……
  4. (105 – 5) x …… = (105 x 6) – (5 x 6)
  5. 2 x (35 – 15) = (2 x 35) – (2 x p); p = ……

KUNCI JAWABAN LKS PERTEMUAN 3

  1. 8 x ( 10 + 6) = (8 x 10) + (8 x 6)
  2. ( 4 + 6) x 9 = (4 x 9) + (6 x 9)
  3. (n x 7) x 8 = (3 x 8) + (7 x 8); n = 3
  4. (105 – 5) x 6 = (105 x 6) – (5 x 6)
  5. 2 x (35 – 15) = (2 x 35) – (2 x p); p = 15
No Soal Bobot Nilai
1

2

3

4

5

2

2

2

2

2

Total Nilai Akhir = 10

FORMAT PENILAIAN:

 

 

 

 

 

EVALUASI PERTEMUAN 3

Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!

  1. 8 x ( 10 + 6) = (8 x 10) + (8 x ……)
  2. (3 + 7) x ….. = (3 x 8) + (7 x 8)
  3. ( ….. + 6) x 9 = (4 x 9) + (6 x 9)
  4. 6 x (3 + 7) = (6 x 3) + (6 x n); n = ……
  5. (n x 7) x 8 = (3 x 8) + (7 x 8); n = ……
  6. 6 x (20 – 7) = (6 x 20) – (6 x …..)
  7. (105 – 5) x …… = (105 x 6) – (5 x 6)
  8. ( …… – 16) x 4 = (17 x 4) – (16 x 4)
  9. 2 x (35 – 15) = (2 x 35) – (2 x p); p = ……

10.  (76 – 16) x 4 = (p x 4) – (16 x 4); p = …….

 

KUNCI JAWABAN EVALUASI PERTEMUAN 3

  1. 8 x ( 10 + 6) = (8 x 10) + (8 x 6)
  2. (3 + 7) x 8 = (3 x 8) + (7 x 8)
  3. ( 4 + 6) x 9 = (4 x 9) + (6 x 9)
  4. 6 x (3 + 7) = (6 x 3) + (6 x n); n = 7
  5. (n x 7) x 8 = (3 x 8) + (7 x 8); n = 3
  6. 6 x (20 – 7) = (6 x 20) – (6 x 7)
  7. (105 – 5) x 6 = (105 x 6) – (5 x 6)
  8. ( 17 – 16) x 4 = (17 x 4) – (16 x 4)
  9. 2 x (35 – 15) = (2 x 35) – (2 x p); p = 15

10.  (76 – 16) x 4 = (p x 4) – (16 x 4); p = 76

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan    : SD Negeri 9 Kota Bengkulu

Mata Pelajaran          : Matematika

Kelas/Semester           : IV/I

Alokasi Waktu           : 4 x 35 menit (2 x pertemuan)

 

 

 

Standar Kompetensi

1. Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah.

 

Kompetensi Dasar

1.2   Mengurutkan bilangan.

 

  1. A. Indikator

Produk

  1. Menentukan nilai tempat bilangan sampai dengan ratus ribuan.
  2. Membandingkan dua bilangan sampai lima angka dengan tanda < atau >
  3. Menggunakan nilai tempat untuk mengurutkan bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya
  4. Menulis lambang bilangan

Proses

  1. Menjelaskan strategi dalam menentukan nilai tempat bilangan sampai ratus ribuan.
  2. Menyatakan perbandingan antara dua bilangan sampai lima angka dengan mengisi tanda < atau >.
  3. Menjelaskan cara menggunakan nilai tempat untuk mengurutkan bilangan dari terkecil atau terbesar.

Keterampilan Sosial

  1. Melakukan komunikasi yang meliputi keterampilan bertanya, berpendapat, presentasi, dan menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan kehidupan sehari-hari di sekitar siswa.

 

 

  1. B. Tujuan Pembelajaran

Produk

  1. Diberikan media nilai tempat, siswa dapat menentukan nilai tempat dari bilangan ratus ribuan.
  2. Diberikan media dari karton yang bertuliskan bilangan siswa dapat membandingkan dua bilangan dengan memberi tanda < atau >.
  3. Melalui karton media nilai tempat sampai ratus ribuan dengan menggunakan pipet siswa dapat menggunakan nilai tempat untuk mengurutkan bilangan terkecil atau terbesar.
  4. Melalui penugasan, siswa dapat menulis lambang bilangan dari bilangan yang dituliskan dalam bentuk tulisan (bukan dalam bentuk angka).

Proses

  1. Setelah siswa dapat menghitung bilangan ratus ribuan, siswa dapat menentukan nilai tempat pada bilangan ratus ribuan tersebut.
  2. Setelah membandingkan dua bilangan dengan memberi tanda < atau > siswa dapat melakukan pengecekan/pemeriksaan terhadap hasil yang didapat.
  3. Diberikan suatu permasalahan dengan mengurutkan dan menyususn bilangan dari terkecil atau terbesar.

Keterampilan Sosial

  1. Setelah anak terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka siswa dapat melakukan komunikasi dalam bertanya, mengeluarkan pendapat, presentasi, dan menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan kehidupan sehari-hari di sekitar siswa.

 

  1. C. Model/Metode Pembelajaran
    1. Pendekatan     : Contructivisme
    2. Metode            : Tanya jawab, Demonstrasi, Penugasan, Pemecahan masalah (problem solving) dengan bimbingan guru, Diskusi dengan teman sebangku, dan Media seabagai sumber belajar.

 

 

 

 

  1. D. Materi

Mengurutkan Bilangan

  1. Nilai Tempat
  2. Membandingkan dan mengurutkan bilangan.

(terlampir)

 

  1. E. Sumber Pembelajaran
    1. Buku Matematika SD Kelas IV, Penerbit Platinum, halaman 7-11
    2. Kurikulum BSNP KTSP, 2006
    3. Silabus SD untuk Kelas IV

 

  1. F. Alat dan Bahan
    1. Media nilai tempat
    2. Media asli (uang)
    3. Pipet minuman
    4. Balok-balok kecil

 

  1. G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 x 35 menit)

Pendahuluan (± 5 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Memotivasi siswa dengan menceritakan pentingnya materi operasi hitung bilangan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan mendeskripsikan pentingnya memahami nilai uang terutama dalam membeli barang di toko-toko. Guru juga membawa beberapa uang kertas dengan nilai berbeda sebagai bahan apersepsi untuk siswa dalam mengurutkan nilai dari yang terkecil hingga terbesar.
Terlaksana / Tidak
  1. Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran.
Terlaksana / Tidak

 

 

 

 

Inti (± 50 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Guru menulis bebrapa bilangan di papan tulis yang nilai tempatnya hingga ratus ribuan.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang menentukan nilai tempat pada bilangan ratus ribuan serta mengurutkan bilangan tersebut dari terkecil atau terbesar, melalui bilangan-bilangan yang telah guru tulis di papan tulis
Terlaksana / Tidak
  1. Guru lalu mengeluarkan media nilai tempat dan siswa memperhatikan penjelasan guru tentang menentukan nilai tempat.
Terlaksana / Tidak
  1. Melalui media nilai tempat guru mendemonstrasikan cara menentukan nilai tempat bilangan ratus ribuan.
Terlaksana / Tidak
  1. Setelah guru selesai menjelaskan melalui pemberian contoh, siswa diminta untuk melengkapi nilai tempat pada bilangan yang telah disediakan guru di depan kelas.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa diminta untuk mengurutkan bilangan ratus ribuan dari yang terkecil atau terbesar.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru mengajak siswa untuk beranalogi untuk mengurutkan bilangan dari yang terkecil hingga terbesar atau sebaliknya.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru menganalogikan satuan dengan potongan pipet paling pendek, nilai puluhan dengan potongan pipet yang agak lebih panjang, bernilai ratusan dengan pipet yang lebih panjang lagi, begitu seterusnya hingga nilai ratus ribuan.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru mendemonstrasikan cara mengurutkan bilangan dengan alat bantu media nilai tempat dan pipet. Siswa mengamati.

 

Terlaksana / Tidak
10.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai materi pembelajaran tentang menentukan nilai tempat dan mengurutkan bilangan terkecil atau terbesar. Terlaksana / Tidak
11.  Guru membagikan LKS kepada seluruh siswa. Terlaksana / Tidak
12.  Siswa mengerjakan LKS untuk memecahkan masalah dengan bimbingan guru. Terlaksana / Tidak
13.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum jelas mengenai materi pembelajaran. Terlaksana / Tidak
14.  Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil LKS di depan kelas. Terlaksana / Tidak
15.  Guru bersama-sama siswa membahas jawaban LKS  

 

Penutup (± 15 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa Pekerjaan Rumah (PR).
Terlaksana / Tidak
  1. Guru menutup pembelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.
Terlaksana / Tidak

 

Pertemuan Kedua (2 x 35 menit)

Pendahuluan (± 5 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Memotivasi siswa dengan menceritakan pentingnya materi operasi hitung bilangan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan mendeskripsikan sekilas pentingnya membandingkan dua bilangan dalam membeli barang di toko-toko.
Terlaksana / Tidak
  1. Menyampaikan topik dan  tujuan pembelajaran.
Terlaksana / Tidak

Inti (± 50 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Guru membagi siswa menjadi 9 kelompok (@4/5 siswa).
Terlaksana / Tidak
  1. Guru membagikan balok-balok kecil pada tiap kelompok.
 
  1. Guru menjelaskan materi pembelajaran tentang membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Terlaksana / Tidak
  1. Melalui demonstrasi penghitungan balok kacil yang dilakukan oleh guru, siswa memperhatikan penjelasan tentang membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru menuliskan beberapa bilangan di papan tulis, yang akan siswa urutkan dan bandingkan.
 
  1. Siswa dalam kelompok diminta untuk membandingkan dan mengurutkan bilangan menggunakan media balok-balok kecil.
Terlaksana / Tidak
  1. Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai materi pembelajaran membandingkan dan mengurutkan bilangan.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru kembali mengeluarkan media nilai tempat.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru mencontohkan cara membanding dan mengurut bilangan dengan media nilai tempat.
Terlaksana / Tidak
10.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab mengenai materi pembelajaran membandingkan dan mengurutkan bilangan Terlaksana / Tidak
11.  Guru membagikan LKS kepada seluruh siswa. Terlaksana / Tidak
12.  Siswa mengerjakan LKS untuk memecahkan masalah dengan bimbingan guru. Terlaksana / Tidak
13.  Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada yang belum jelas mengenai materi pembelajaran. Terlaksana / Tidak
14.  Siswa mempresentasikan hasil LKS di depan kelas. Terlaksana / Tidak
15.  Siswa bersama guru membahas jawaban LKS. Terlaksana / Tidak

Penutup (± 15 menit)

Kegiatan Pembelajaran Keterlaksanaan / Tidak
  1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan evaluasi kepada siswa.
Terlaksana / Tidak
  1. Guru memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa Pekerjaan Rumah (PR).
Terlaksana / Tidak
  1. Guru menutup pembelajaran dengan pesan dan kesan yang baik.
Terlaksana / Tidak

 

  1. H. Penilaian

1.Prosedur: awal, proses, akhir

2.Jenis: lisan dan tertulis

3.Bentuk: isian singkat

4.Alat: soal, LKS, kunci jawaban, pedoman penilaian

 

Bengkulu,                             201

 

Kepala SD Negeri 99

Yorsa Nengsih, S. Pd.

NIP 197206241994052001

Guru Kelas IVB

Tutik Sunarsih, S. Pd

NIP 196308191992062001


LEMBAR KERJA SISWA PERTEMUAN 1

 

Nama               :

Kelas               :

Hari / Tanggal :

 

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !

Setelah kalian mempelajari materi tentang nilai tempat, maka kerjakanlah soal di bawah ini dengan berdiskusi dengan teman sebangkumu cara menentukan nilai tempat pada bilangan ratus ribuan!

  1. Lengkapilah bilangan 215.734 berdasarkan nilai tempatnya :
……. Puluh ribuan Ribuan ……. Puluhan …….
2 …….. …….. 7 ……… 4

 

  1. Bilangan 237.481

Angka 1 di tempat  ………………..

Angka 7 mempunyai nilai ……………………..

  1. 3  menempati nilai tempat ratusan

2  menempati nilai tempat satuan

………………….

7  menempati nilai tempat ratus ribuan

1  menempati nilai tempat puluhan

4  menempati nilai tempat ribuan

5  menempati nilai tempat puluh ribuan

  1. Tuliskan lambang bilangannya!
    1. Lima puluh empat ribu enam ratus dua
    2. Empat puluh lima ribu delapan ratus empat puluh dua
    3. Lima puluh ribu delapan
    4. Sembilan puluh sembilan ribu enam ratus delapan
    5. Tiga puluh ribu lima
    6. Tujuh puluh delapan ribu tujuh ratus delapan puluh enam

 


Kunci Jawaban LKS Pertemuan 1

 

Ratus ribuan Puluh ribuan Ribuan Ratusan Puluhan Satuan
2 1 5 7 3 4

 

  1. 1   =    Satuan

7   =    Ribuan

  1. 754.312
  2. a. 54.602                           c. 50.008                                 e. 30.005

b. 45.842                           d. 99.608                                 f. 78.786

 

EVALUASI PERTEMUAN 1

  1. Bilangan 130.270

Angka 1 di tempat ……………….

Angka 7 mempunyai nilai …………………….

  1. Bilangan 145.067

Angka 5 di tempat ……………………

Angka 0 mempunyai nilai …………………..

  1. 1  menempati nilai tempat puluh ribuan

8  menempati nilai tempat ratusan

………………….

3  menempati nilai tempat puluhan

4  menempati nilai tempat ribuan

7  menempati nilai tempat ratus ribuan

5  menempati nilai tempat satuan

  1. 113.235 = …… ratus ribuan + …… puluh ribuan + …… ribuan + …… ratusan + …..                    puluhan + ….. satuan.
  2. 121.341 = …… ratus ribuan + …… puluh ribuan + …… ribuan + …… ratusan + …..                    puluhan + ….. satuan.
  3. Tuliskan lambang bilangan untuk empat puluh tiga ribu tiga ratus tiga puluh tiga!

Kunci Jawaban Evaluasi Pertemuan 1

  1. 1    =          Ratus Ribuan

7    =          Puluhan

  1. 5    =          Ribuan

0    =          Ratusan

  1. 714.825
  2. 1 ratus ribuan + 1 puluh ribuan + 3 ribuan + 2 ratusan + 3 puluhan + 5 satuan.
  3. 1 ratus ribuan + 2 puluh ribuan + 1 ribuan + 3 ratusan + 4 puluhan + 1 satuan.
  4. 43.333

 

No Soal Bobot Nilai
1.

2.

3.

4.

5.

6.

2

2

1

2

2

1

Total Nilai Akhir = 10

FORMAT PENILAIAN:

 

 

 


Lembar Kerja Siswa Pertemuan 2

Nama               :

Kelas               :

Hari / Tanggal :

 

Diskusikanlah dengan teman sebangkumu untuk membandingan dua bilangan di bawah ini berdasarkan nilai tempatnya beserta caranya!

  1. 360.746 dan 360.745
  2. 256.720 dan 256.783

Kerjakanlah bersama teman sebangkumu untuk mengurutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terkecil atau terbesar!

  1. 180.306;   180.380;   180.038;   180.338
  2. 560.498;   561.498;   560.948;   540.498

 

Kunci Jawaban Lember Kerja Siswa Pertemuan 2

  1. 360.746     >    360.745

 

  1. 256.720     <    256.783

 

  1. 180.038;  180.306;   180.338;  180.380;

 

  1. 540.498;  560.498;   561.498;   560.948;

 

 

 

 

 

 

 

Evaluasi Pertemuan 2

Kerjakanlah soal di bawah ini!

 

  1. 210.360 ……. 210.306
  2. 360.198 ……. 360.189
  3. 219.999 ……. 129.999
  4. 307.178 ……. 370.178
  5. 316.015 ……. 316.105
  6. 140.424;  140.244;  140.442;  104.442
  7. 230.605;  230.650;  203.605;  230.506
  8. 480.414;  480.144;  480.441;  480.814
  9. 220.454; 220.544;  220.445;  240.540;

10.  410.426;  410.624;  400.246;  140.624

Kunci Jawaban Evaluasi Pertemuan 2                   FORMAT PENILAIAN:

No Soal Bobot Nilai
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

Total Nilai Akhir = 10
  1. 210.360   >   210.306
  2. 360.198   >   360.189
  3. 219.999   >   129.999
  4. 307.178   <   370.178
  5. 316.015   <   316.105
  6. 104.442;  140.244 140.424;  ;  140.442;
  7. 203.605;  230.605;  230.506;  230.650;
  8. 480.144;  480.414;    480.441;  480.814;
  9. 220.445;  220.454;  220.544;    240.540;

10.  140.624;  400.246;  410.426;  410.624;

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: