Laporan Awal Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II

LAPORAN AWAL KELOMPOK

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL II )

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

DI SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya-lah penulis dapat menyelesaikan laporan kelompok Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) di SD Negeri 99 kota Bengkulu dengan keadaan sehat walafiat sehingga selesai tepat pada waktunya. Laporan kelompok ini disusun berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 99 Kota Bengkulu.

Penulisan laporan awal pelaksanaan PPL II dimaksudkan untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan program S1 PGSD. Dalam penulisan laporan awal ini kami banyak sekali mendapat bantuan, saran, dan informasi yang kami butuhkan sehingga penulisan laporan awal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Unit Praktik Pengalaman Lapangan (UPPL), sebagai unit yang membuat program ini bisa terlaksana.
  2. Ibu Yorsa Nengsih, S.Pd selaku kepala sekolah SDN 99 Kota Bengkulu.
  3. Dra. Hj. Resnani, M. Si. selaku dosen pembimbing.
  4. Dewan Guru SDN 99 Kota Bengkulu selaku guru pamong kegiatan PPL II.
  5. Dewan guru dan staf tata usaha SDN 99 Kota Bengkulu.
  6. Rekan-rekan mahasiswa S1 PGSD yang melaksanakan PPL II di SDN 99 Kota Bengkulu.
  7. Pihak lain yang membantu kami dalam menyelesaikan laporan ini.

Penulis menyadari dalam laporan Kelompok ini masih banyak kekurangan, untuk itu Penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya dapat membangun demi perbaikan untuk masa yang akan datang. Demikianlah, penulis berharap laporan ini bermanfaat bagi pembacanya.

Bengkulu,    September 2010

Penulis


DAFTAR ISI

Halaman Judul……………………………………………………………………………………

Halaman Pengesahan………………………………………………………………………….

Kata Pengantar…………………………………………………………………………………..

Daftar Isi…………………………………………………………………………………………….

Daftar Lampiran………………………………………………………………………………..

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar belakang…………………………………………………………………………..
  2. Tujuan………………………………………………………………………………………
  3. Manfaat…………………………………………………………………………………….

BAB II PELAKSANAAN

  1. Kegiatan Akademik……………………………………………………………………
  2. Kegiatan Administrasi………………………………………………………………..
  3. Kegiatan Non Akademik…………………………………………………………….
  4. Masalah Pembelajaran yang dihadap guru……………………………………..

BAB III PENUTUP

  1. Kesimpulan……………………………………………………………………………….
  2. Saran………………………………………………………………………………………..

DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR LAMPIRAN

  1. Surat keterangan telah melaksanakan observasi di SD Negeri 99 Kota Bengkulu
  2. Kondisi fisik SD negeri 99 Kota Bengkulu (Form 1)
  3. Hasil pengamatan proses pembelajaran di kelas (Form 2)
  4. Daftar  nama guru dan tata usaha

DINAS PENDIDIKAN NASIONAL

PEMERINTAH KOTA BENGKULU

SEKOLAH DASAR NEGERI 99 KOTA BENGKULU

SURAT KETERANGAN

No:

Yang bertanda  tangan di bawah ini:

Nama               : Yorsa Nengsih, S.Pd

NIP                 : 19720624 199405 2001

Jabatan                        : Kepala Sekolah SD Negeri  99 Kota Bengkulu

Dengan ini menerangka bahwa:

  1. Andreas Darma Salam      A1G007083
  2. Elia Kontesa                      A1G007138
  3. Meike Pertiwi Mastri        A1G007153
  4. Wirda Hayati                    A1G007041
  5. Yesi Aprimanita                A1G007077

Fakultas                                   : KIP

Prodi                                       : S1 PGSD

Nama-nama di atas telah melaksanakan tugas pembuatan laporan awal  PPL II di SD Negeri 99 Kota Bengkulu dari tanggal 02 September sampai 04 September 2010 dengan baik.

Surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan seperlunya.

Bengkulu,    September 2010

Kepala Sekolah SDN 99 Kota Bengkulu

Yorsa Nengsih, S. Pd

NIP 19720624 199405 2001

FO 1

Untuk

Mahasiswa

FORMAT OBSERVASI

KONDISI SEKOLAH

Nama Sekolah             :………………                       Nama Mahasiswa:…………………

Alamat Sekolah           :………………                       NPM                   :…………………

Prodi                   : S1 PGSD

No. Aspek yang diobservasi Deskripsi Hasil Pengamatan Keterangan
1 Kondisi fisik sekolah
2 Potensi siswa
3 Potensi Guru
4 Potensi Karyawan
5 Fasilitas KBM, media
6 Perpustakaan
7 Laboratorium
8 Bimbingan konseling
9 Bimbingan belajar
10 Organisasi dan fasilitas Osis
11 Organisasi dan fasilitas UKS
12 Adminitrasi  (karyawan, sekolah, dinding)
13 Karya Tulis Ilmiah Remaja
14 Karya Ilmiah oleh Guru
15 Koperasi siswa
16 Tempat Ibadah
17 Kesehatan lingkungan
18 Lain-lain………….

Bengkulu, September 2010

Kepala SekolahYorsa Nengsih, S.PdNIP 130 946 120 Praktikan(                                         )NPM


Form 1

Hasil Observasi Kondisi Sekolah

Aspek yang diobservasi:

1. Kondisi fisik sekolah

Bangunan gedung SD Negeri 07 Kota Bengkulu sedah sangat bagus dan berbentuk permanen. Ruang terdiri dari 12 ruangan kelas belajar dan ditambah 1 ruang kepala sekolah, 1 perpustakaan, 1 ruang UKS, 1 ruang guru, 1 gudang, 4 WC, 1 rumah penjaga sekolah.

2. Potensi Siswa

Berdasarkan pengamatan kami, siswa SD Negeri 07 Kota Bengkulu memiliki potensi yang cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan adanya keberhasilan mereka dalam mengikuti berbagai kegiatan lomba setingkat sekolah dasar yang mendapatkan hasil yang signifikan seperti lomba cerdas cermat, dll.

3. Potensi Guru

Tenaga pengajar yang ada di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah memenuhi standar. Dalam pengajaran, guru sudah menerapkan metode-metode dan media yang beragam.

4. Potensi Karyawan

Karyawan-karyawan tata usaha yang ada di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah baik, mereka sudah menguasai bidang-bidang yang mereka geluti masing-masing.

5. Fasilitas KBM (Media)

Fasilitas yang ada di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah sangat mendukung dalam proses belajar mengajar. Ini terbukti dari adanya kelengkapan alat/ fasilitas belajar di dalam kelas dan perpustakaan.

6. Perpustakaan

Perpustakaan di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah lengkap. Hal ini dapat dilihat dari adanya buku-buku belaar, buku bacaan, dan buku penunjang lainnya. Selain itu juga terdapat media-media pembelajaran yang bisa dipakai kapan saja.

7. Laboratorium

Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu belum dilengkapi dengan ruang laboratorium. Pembelajaran yang materinya harus dipraktikkan, langsung dikerjakan di ruang kelas.

8. Bimbingan Konseling

SD Negeri 07 Kota Bengkulu melakukan bimbingan konseling langsung di ruang guru dan di ruang kepala sekolah.

9. Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar langsung dibimbing oleh guru kelas atau guru mata pelajaran yang bersangkutan.

10. Fasilitas UKS

Fasilitas UKS SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah cukup seperti tempat tidur, timbangan, obat-obatan, dll.

11.  Tempat Ibadah

Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu belum ada tempat peribadahan khusus akan tetapi ruang UKS bisa dimanfaatan untuk beribadah.

12.  Kesehatan Lingkungan

Berdasarkan observasi yang telah kami laksanakan selama masa observasi, keadaan lingkungan sehat karena ditunjang oleh kebersihan siswa  yang baik dan ditambah adanya petugas kebersihan sekolah dan penjaga sekolah.

FO 2

Untuk

Mahasiswa

FORMAT OBSERVASI

PEMBELAJARAN DI KELAS

DAN OBSERVASI PESERTA DIDIK

Nama Sekolah             :………………                       Nama Mahasiswa:…………………

Alamat Sekolah           :………………                       NPM                   :…………………

Hari/ Tanggal              :……………….                       Prodi                   : S1 PGSD

No. Aspek yang diobservasi Deskripsi Hasil Pengamatan
A Perangkat Pembelajaran

1. Satuan Pembelajaran (SP)

2. Rencana Pembelajaran

3. Silabus

B Proses Pembelajaran

4. Membuka Pembelajaran

5. Penyajian Materi

6. Metode Pembelajaran

7. Penggunaan Bahasa

8. Penggunaan Waktu

9. Gerak

10. Cara Memotivasi Siswa

11. Tekhnik Bertanya

12. Tekhnik Penguasaan kelas

13. Penggunaan Media

14. Bentuk dan Cara Evaluasi

15. Menutup Pelajaran

C Perilaku Siswa

16. Perilaku siswa di dalam kelas

17. Perilaku siswa di luar kelas

Bengkulu, September 2010

Kepala SekolahYorsa nengsih, S.PdNIP Praktikan(                                  )NPM


Form 2

Hasil Observasi Proses Pembelajaran di Kelas

Aspek yang diobservasi:

  1. Perangkat Pembelajaran
  2. Satuan Pembelajaran

Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu tidak lagi menggunakan satuan pembelajaran.

  1. Rencana Pembelajaran

Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah menggunakan rencana pemblajaran yang dibuat sesuai dengan kurikulum yang ada.

2. Silabus

Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu seluruh guru telah membuat silabus berdasarkan kurikulum.

  1. Proses Pembelajaran
  2. Membuka Pelajaran

Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu membuka pelajaran dengan baik, ini dibuktikan dengan adanya pemberian apersepsi yang tepat sesuai dengan materi pelajaran sehingga pembelajaran akan lebih menantang dan menarik untuk disimak oleh anak-anak.

1. Penyajian/ Materi

Materi disajikan dengan baik, hal ini dilihat dari cara penyampaian materi pada siswa.

2. Metode Pembelajaran

Penggunaan metode pembelajaran guru sudah menyesuaikan diri dengan metode pembelaran yang disampaikan.

3. Penggunaan Bahasa yang Digunakan

Penggunaan bahasa yang digunakan sudah baik, ini terlihat dari penggunaan bahasa yang luwes dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh anak.

4. Penggunaan Waktu

Di sini guru sudah menyesuaikan waktu dengan alokasi waktu yang tersedia.

5. Gerak

Bahasa tubuh/ gerak yang ditimbulkan oleh seorang guru dalam mengajar sudah baik, itu dibuktikan dari keakraban guru dan siswa.

6. Cara Memotivasi Siswa

Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah baik dalam memotivasi siswa, ini terlihat dari semangat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.

7. Tekhnik Bertanya

Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah menerapkan tekhnik bertanya yang baik karena guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu telah memahami tekhnik bertanya dasar dan bertanya lanjut.

8. Tekhnik Penguasaan kelas

Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah menerapkan tekhnik penguasaan kelas seperti mengatur ruangan dan mengkondisikan kelas.

9. Penggunaan Media

Penggunaan media sudah diterapkan di SD Negeri 07 Kota Bengkulu dan sudah disesuaikan dengan materi yang ingin disampaikan.

10. Bentuk dan Cara Evaluasi

Hasil observasi yang kami peroleh, cara guru mengevaluasi akhir proses pembelajaran dalam bentuk tertulis dan lisan.

11. Penutup Pelajaran

Dalam akhir pembelajaran, guru sudah menerapkan cara menutup pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa seperti: seorang guru sudah membimbing siswa dalam menyimpulkan materi dan memberikan tindak lanjut.

2. Perilaku Siswa

1. Perilaku Siswa di Dalam Kelas

Pada saat siswa belajar di dalam kelas, perilaku siswa sudah menunjukkan sikap yang baik seperti sopan terhadap guru dan memperhatikan pembelajaran, serta perilaku siswa saling menghargai satu sama lain.

2. Perilaku Siswa di Luar Kelas

Perilaku siswa di luar kelas yang kami tekankan pada saat mereka istirahat, dimana pada umumnya perilaku siswa cenderung egois dikarenakan mereka masih dalam tingkat perkembangan anak.

2 Responses to Laporan Awal Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II

  1. abdee mengatakan:

    mudah-mudah bisa tertular ilmunya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: