Matematika Luar Kelas (Outdoor Mathematics)

Outdoor Matematik adalah pembelajaran matematika yang dilakukan diluar kelas, dengan memanfaatkan lingkungan luar kelas sebagai sumber belajar. pembelajaran matematika luar kelas, sebaiknya dilakukan secara berkelompok(coorperative). agar memudahkan guru dalam melakukan kontrol terhadap kelancaran belajar dan kemudahan siswa dalam menerima apa yang disampaikan oleh guru.

adapun Langkah-langkah pembelajaran Matematika luar kelas (Outdoor Mathematics) yaitu :

  1. Kegiatan awal adalah membentuk kelompok (cooperative learning).
  2. Merancang aktivitas kelompok (dilaksanakan satu atau dua kali pertemuan ).
  3. Merancang kegiatan pendahuluan yang terdiri dari menyebutkan tujuan pembelajaran, menyebutkan manfaat apa yang dipelajari dan menentukan tugas masing-masing kelompok.
  4. Merancang kegiatan pengembangan meliputi siswa secara berkelompok melaksanakan tugas yang diberikan, guru membimbing dan memotivasi siswa dalam setiap kelompok, siswa bersama guru membahas hasil kerja kelompok dan diakhir pembelajaran guru memberikan penguatan secara klasikal.
  5. Merancang kegiatan penerapan yang merupakan tahap evaluasi bagi siswa, karena siswa mengerjakan soal secara individu.
  6. Tahap penutup, Secara klasikal guru menekankan materi-materi penting yang baru dipelajari siswadan memberikan pekerjaan rumah(PR) kepada siswa.

4 Responses to Matematika Luar Kelas (Outdoor Mathematics)

  1. gufron mengatakan:

    tolong bantu referensi tentang outdoor mathematic dong..
    ada situs resminya?
    q mau melakukan penelitian tentang thu..
    masih bingung tentang materinya,,

    • mey20 mengatakan:

      klau referensi buku sya belum menemukan, referensi yg ad brbentuk skripsi

      • gufron mengatakan:

        bisakah membantu???
        ya tolong dikasih tau judulnya,,

      • mey20 mengatakan:

        ni ad beberapa referensi buku yg berkaitan dg pembelajaran menerapkan Outdoor Mathematics berdsarkan pnelitian yg sdah sya lakukan
        1. Barlia, Lily. 2006. Mengajar Dengan Pendekatan Lingkungan Alam Sekitar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
        2. Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2005. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: C.V Sinar Baru.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: