CARA MENCEGAH RAMBUT RONTOK

Rambut Rontok

Rambut adalah mahkota kita. Untuk itu perlu sekali dirawat dengan baik, agar kita selalu tampak anggun dan mempesona, halah!. Dibawah ini adalah cara tradisional untuk mencegah kerontokan yang sering terjadi pada rambut wanita.

Tsa’lab (tercabutnya akar rambut dari kepala) adalah rontoknya rambut seseorang, baik rambut yang dikepala, jenggot dan rambut-rambut dibagian tubuh lainnya sehingga kulitnya licin seperti botol. Adapun penyebabnya bertambahnya campuran sudawi.

Untuk mengatasi rambut rontok, coba beberapa tips berikut ini:

  1. Hindari menyisir saat rambut dalam keadaan basah.  Biarkan saja rambut anda kering secara alami. Rambut yang basah lebih mudah lepas jika tertarik sedikit saja. Kebiasaan menyisir rambut ketika basah harus anda hentikan mulailah merawat dan menyayangi rambut anda agar anda tidak mempunyai rambut rontok.
  2. Pilihlah sisir dengan gerigi yang jarang. Jika anda menggunakan kerudung atau akan memakai topi, sebaiknya sisir rambut anda terlebih dahulu (sebaiknya gunakan penyubur rambut & obat rambut rontok untuk perawatan rambut anda). Cara ini akan membuat rambut anda lebih terjaga dengan rapih sekaligus dapat melancarkan peredaran darah di kepala.
  3. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut atau hairdryer.  Jika anda terpaksa menggunakannya sebaiknya pakai suhu yang rendah. Perhatikan juga jarak rambut dengan pengering. Usahakan jaraknya sekitar 10 – 15 cm dari batang rambut. Keseringan mengeringkan rambut akan membuat kelembaban rambut anda rusak.
  4. Sering-seringlah menggerai atau mengurai rambut anda.  Apalagi saat anda tidur. Hilangkan kebiasaan mengikat atau menjepit rambut dengan kencang. Hal itu dapat membuat rambut anda mudah patah dan rontok. Selain itu kebiasan mengikat rambut bisa membuat pertumbuhan rambutmu tidak bagus.
  5. Untuk menjaga kelembaban rambut, sebaiknya gunakan pelindung kepala seperti scarf, topi atau payung ketika anda berada di bawah sinar matahari atau gunakan.
  6. Agar rambut lebih sehat dan juga terlihat modis, seringlah mengubah garis belahan dan gaya rambut anda.  Mengubah belahan menghindari kulit kepala yang sama terkena matahari dalam waktu panjang. Hal ini dapat mencegah kerontokan secara perlahan.
  7. Lakukan perawatan pada rambut secara khusus setidaknya minimal 2 minggu sekali.  Lakukan kegiatan creambat, masker dan hair spa untuk memperindah dan menyehatkan rambut anda.

Resep mengatasi rambut rontok.

Bahan:

  • 3 batang daun Aloe Vera yang sedang namun yang agak tebal
  • Madu asli sekitar 2 sampai 3 sendok makan
  • Bawang Merah, secukupnya

Cara Pembuatan:

  1. Aloe Vera (lidah buaya) dibakar, sampai menjadi kering kemudian haluskan
  2. Haluskan (tumbuk) bawang merah dan ambil airnya
  3. Kedua bahan diatas kemudian dicampur dengan madu asli
  4. Biarkan sehari semalam

Cara Perawatan: Tiap pagi hari masukan pada kain kasa dan diolesi seperti olesan diatas. Hal ini dilakukan selama 7 hari berturut-turut, niscaya rambut akan tumbuh. Setelah agak lebat maka cukurlah maka rambut akan tumbuh dengan bagus dan indah. Resep ini biasa dipakai untuk mereka yang memang sudah parah dalam mengalami kerontokan rambut.

Tips Tambahan

Jika kebetulan Anda membeli buah semangka maka manfaatkanlah, selain daging buahnya yang manis, jangan sampai lupa pada kulitnya, karena kulit semangka juga bermanfaat bagi rambut. Gosoklah kulit semangka yang tinggal putihnya pada kulit kepala Anda. Bila Anda dapat melakukan hal ini minimal sekali dalam seminggu, maka berkhasiat Anda tidak akan mendapatkan kerontokan pada rambut.

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

BAHAYA MIE INSTAN BAGI  KESEHATAN

BAHAYA NARKOBA BAGI KESEHATAN

BAHAYA ROKOK BAGI KESEHATAN

BAHAYA MINUMAN KERAS BAGI KESEHATAN

BAHAYA DAN MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN

CARA MENCEGAH DIABETES

PENYEBAB  JERAWAT DAN CARA MENCEGAHNYA

CARA MENCEGAH RAMBUT RONTOK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: