KUMPULAN RPP
RPP PPG Bahasa Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IV SEMESTER II
OLEH
YESI APRIMANITA
A1G007077
DOSEN PENGAMPU: DRA. HJ. RESNANI, M. SI.
PROGRAM PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2010
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/II
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
- A. Standar Kompetensi
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.
- B. Kompetensi Dasar
Menulis pengumuman dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.
- C. Indikator
Mendengar
Mendengarkan suatu pengumuman.
Berbicara
Menyampaikan suatu pengumuman dengan intonasi, dan lafal yang tepat.
Menulis
Membuat contoh suatu pengumuman.
- D. Tujuan Pembelajaran
- Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pengertian pengumuman dengan benar.
- Melalui contoh pengumuman dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan pokok-pokok pengumuman dengan tepat.
- Melalui bimbingan guru dan contoh pengumuman, siswa dapat membaca pengumuman dengan menggunakan intonasi, dan lafal yang benar.
- Melalui diskusi, siswa dapat membuat sebuah pengumuman dengan tepat.
Dampak Pengiring
Setelah mengikuti proses pembelajaran, siswa dapat mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari.
- E. Materi
Pengumuman
- 1. Pengertian Pengumuman
Pengumuman adalah proses atau cara, perbuatan mengumumkan atau biasa disebut dengan pemberitahuan. Pengumuman bersifat umum, artinya isi pengumuman untuk diketahui oleh banyak orang. Isi sebuah pengumuman untuk diketahui banyak orang, maka perlu memperhatikan pokok-pokok pengumuman sebagai berikut
a) Kepada siapa pengumuman ditujukan.
b) Berita apa yang akan disampaikan.
c) Keterangan waktu pembuatan pengumuman.
d) Pembuat pengumuman, lembaga atau nama terang.
Contoh pengumuman
Pengumuman
Bagi siswa SD Indra Giri yang sudah mendaftarkan diri menjadi peserta bimbingan belajar (bimbel) diwajibkan datang pada:
Hari/Tanggal : Minggu/12 Desember 2008
Waktu : Pukul 10.00 Wib
Tempat : Ruang Kelas masing-masing
Acara : Pembagian kelompok belajar
Semua peserta harus datang tepat waktu dengan menggunakan pakaian bebas.
Banjarmasin, 5 Desember 2009
Koordinator Bimbel
Drs. Adriansyah
- F. Metode Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan : Kontruktivisme.
Metode : tanya jawab, penugasan, diskusi kelompok kecil.
- G. Kegiatan Pembelajaran
- a. Pendahuluan (± 5 menit)
Keterampilan Membuka
- Guru mengkondisikan suasana kelas untuk siap belajar.
- Mengecek kehadiran siswa.
- Guru menyampaikan apersepsi dengan membacakan sebuah pengumuman, kemudian guru memberikan beberapa pertanyaan, yang menggali pengetahuan awal siswa yang berkenaan dengan materi pelajaran, misalnya:
– Anak-anak siapa diantara kalian yang pernah mengikuti suatu perlombaan?.
– Darimana kalian mengetahui bahwa akan ada diadakan perlombaan tersebut?.
– Kalian memperoleh pemberitahuan atau informasi tersebut dari siapa?
– Disebut apakah pemberitahuan tersebut?
Nah, anak-anak sesuai dengan materi pelajaran kita hari ini, mari kita mempelajari tentang pengumuman.
- Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan garis besar kegiatan yang akan dilakukan siswa selama proses pembelajaran.
- b. Kegiatan inti (± 50 menit)
Keterampilan Menjelaskan
- Guru menjelaskan secara singkat materi pelajaran tentang pengumuman.
- Guru menempelkan alat peraga berupa contoh sebuah pengumuman di papan tulis dan meminta siswa untuk mengamati pengumuman tersebut.
- Guru membacakan pengumuman yang ada di papan tulis.
- Beberapa siswa diminta untuk membaca pengumuman yang ada di papan tulis dengan menggunakan dengan intonasi, dan lafal yang benar.
Keterampilan Bertanya
- Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang pokok-pokok pengumuman.
Keterampilan Pengajaran kelompok kecil dan perorangan
- Guru membagikan LKS dan meminta kepada siswa berdiskusi untuk membuat contoh sebuah pengumuman dengan tema yang telah ditentukan oleh guru.
- Guru membimbing siswa ketika mengerjakan LKS.
- Setelah siswa selesai mengerjakan LKS, beberapa siswa diminta untuk membacakan hasil pengumuman yang telah dibuatnya dengan menggunakan intonasi, dan lafal yang benar dan siswa yang lain memperhatikan dan memberikan penilaian.
Keterampilan Memberi Penguatan
- Guru memberikan penghargaan berupa pujian dan motivasi terhadap siswa yang berani membacakan pengumuman.
10. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya apabila ada materi yang belum jelas mengenai kegiatan yang akan dilakukan.
Keterampilan menutup pelajaran
- c. Kegiatan akhir (± 15 menit)
- Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran.
- Guru membagi soal evaluasi dan meminta siswa mengerjakanya.
- Guru menginformasikan materi pelajaran pada pertemuan berikutnya.
- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut kepada siswa berupa saran untuk selalu belajar di rumah dan mengulang kembali pelajaran yang telah dipelajari.
- 5. Sumber Belajar dan Media.
- 1. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP
- Silabus Kelas IV SD Negeri 20 kota Bengkulu
- Buku paket Bahasa Indonesia kelas IV Penerbit Erlangga, Pengarang Hanif Nurcholis dan Mafrukhi, Halaman 86-87.
- 2. Media
- 1. Sumber Belajar
Contoh-contoh pengumuman
- 6. Penilaian
- Prosedur Tes : Post tes
- Bentuk : Essay
- Alat : Soal dan kunci jawaban
Mengetahui
Guru Pamong
Dra. Resnanai, M. Si
NIP. 195808111983032001
Bengkulu, Desember 2009
Pratikan
Yesi Aprimanita
A1G007077
Lampiran 1
Lembar Evaluasi
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat
- Apa yang dimaksud dengan pengumuman?
Untuk soal no 2 sampai 4, perhatikanlah pengumuman di bawah ini!
Pengumuman
Pada liburan mendatang, sekolah akan mengadakan rekreasi ke tempat-tempat wisata di luar kota. Para siswa harap menabung untuk meringankan beban orang tua.
Ketentuan menabung adalah sebagai berikut:
- Kegiatan menabung akan dimulai bulan depan.
- Besarnya setoran tabungan bergantung pada kemampuan siswa.
- Siswa dapat menabung setiap hari.
- Tabungan disetorkan kepada wali kelas masing-masing. Selanjutnya, wali kelas akan menyetorkan tabungan ke bank seminggu sekali
Demikian pengumuman ini. Semoga para siswa memahaminya. Terima kasih.
Jakarta Selatan, 10 September 2009
Kepala Sekolah
Dra. Fatmawati
NIP. 131847158
- Sebutkan 2 pokok pengumuman yang ada pada pengumuman di atas?
- Kapan pengumuman itu disampaikan dan siapa yang membuat pengumuman itu?
- Menurut pendapatmu, apa tujuan pengumuman itu dibuat?
- Buatlah suatu contoh pengumuman yang isinya tentang perlombaan catur antar sekolah?
Lampiran 2
Kunci Jawaban Soal Evaluasi
- Pengumuman adalah proses atau cara, perbuatan mengumumkan atau biasa disebut dengan pemberitahuan.
- a). Kegiatan menabung dimulai bulan depan, b) rekreasi diadakan pada liburan yang akan datang, c) tujuan rekreasi ketempat wiasata-wisata di luar kota.
- 10 September 2009 dan yang membuat pengumuman tersebuat adalah Kepala Sekolah SD Negeri 23.
- Tujuan pengumuman di atas adalah para siswa diharap menabung untuk meringankan beban orang tua karena akan mengadakan rekreasi keluar kota.
- Jawaban disesuaikan dengan jawaban siswa.
Lampiran 3
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Nama : 1.
2.
Tugas:
Buatlah sebuah pengumuman bersama teman sebangkumu, berdasarkan contoh pengumuman yang ada. Pengumuman tersebut berisikan tentang:
- Pengumuman ditujukan kepada seluruh siswa SD Negeri 81 Kota Indra giri
- Berita yang akan disampaikan tentang pemberitahuan bahwa akan dilaksanakan jumat bersih, pada tanggal 10 Agustus 2009, mulai pukul 08.00 – 09.00 Wib. Tujuan diadakan jumat bersih adalah untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia Republik Indonesia ke-64. Dan diharapkan seluruh siswa membawa alat-alat kebersihan, siswa laki –laki membawa sabit atau cangkul, sedangkan siswa perempuan membawa sapu lidi atau ijuk dan keranjang sampah dan memakai pakaian olahraga.
- Pengumuman dibuat pada tanggal 8 Agustus 2009.
- Tempat pembuatan pengumuman di Indra Giri, dengan nama kepala sekolah Agustian, S. Pd
Lampiran 4
KUNCI JAWABAN LKS
- Salah satu jawaban siswa adalah:
Pengumuman
Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia Indonesia ke-64, diharapkan kepada seluruh siswa SD Negeri 81 Kota Indra giri untuk membawa alat-alat kebersihan karena akan diadakan jumat bersih, yang akan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 10 Agustus 2009, dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 09.00 Wib.
Bagi siswa laki –laki membawa sabit atau cangkul, sedangkan siswa perempuan membawa sapu lidi atau ijuk dan keranjang sampah dan memakai pakaian olahraga.
Sekian dan terima kasih.
Indra giri, 08 Agustus 2009
Kepala Sekolah SDN. 81
Agustian, S. Pd
NIP. 131847158
Atau jawaban lain yang disesuaikan dengan jawaban siswa.
Lampiran
MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN
Nama : Topik :
Tanggal : Kelas : peer/murid sungguhan
Supervisor : Pengajaran : utama/ulung
Lingkari angka yang anda anggap sesuai
1= lemah, 2= cukup, 3= baik, 4= baik sekali, 5= sempurna
SIASAT MEMBUKA PELAJARAN
Aspek yang dinilai | Nilai | ||||
|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
SIASAT MENUTUP PELAJARAN
Aspek yang dinilai | angka | ||||
|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
|
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
|
Komentar tentang keterampilan:
Supervisor/observer
( )
Lampiran
KETERAMPILAN BERTANYA
Nama : Topik :
Tanggal : Kelas : peer/murid sungguhan
Supervisor : Pengajaran : utama/ulung
Bacalah dengan cermat format ini sebelum anda menyimak hasil latihan Micro Teaching
Berilah tanda check (√) yang anda anggap sesuai
1= lemah, 2= cukup, 3= baik, 4= baik sekali, 5= sempurna
No. | Komponen | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Apakah pertanyaan cukup jelas bagi murid ? | |||||
2. | Apakah pertanyaan cukup koheren (jelas kaitannya) ? | |||||
3. | Apakah digunakan teknik “pause” dalam mengutarakan pertanyaan ? | |||||
4. | Apakah pertanyaan diucapkan secara tertib (tidak) cepat ? | |||||
5. | Apakah pertanyaan diarahkan/ditunjuk kepada murid secara keseluruhan ? | |||||
6. | Apakah pertanyaan yang diajukan itu didistribusikan diantara murid-murid? | |||||
7. | Apakah dalam mengutarakan pertanyaan itu digunakan teknik menggali? (probling) | |||||
8. | Apakah dalam mengemukakan pertanyaan itu digunakan teknik menuntun? |
Komentar tentang keterampilan:…………………….
Supervisor/observer
( )
Lampiran
KETERAMPILAN MENJELASKAN
Nama : Topik :
Tanggal : Kelas : peer/murid sungguhan
Supervisor : Pengajaran : utama/ulung
Bacalah dengan cermat format ini sebelum anda menyimak hasil latihan Micro Teaching
Berilah tanda check (√) yang anda anggap sesuai
1= lemah, 2= cukup, 3= baik, 4= baik sekali, 5= sempurna
Komponen | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
Komentar tentang keterampilan:…………………….
Supervisor/observer
( )
Lampiran
MEMBERIKAN PENGUATAN
(REINVORCEMNT)
Nama : Topik :
Tanggal : Kelas : peer/murid sungguhan
Supervisor : Pengajaran : utama/ulung
Bacalah dengan cermat format ini sebelum anda menyimak hasil latihan Micro Teaching
Berilah tanda check (√) yang anda anggap sesuai
1= lemah, 2= cukup, 3= baik, 4= baik sekali, 5= sempurna
No. | Komponen | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Ia/saya ) ucapkan: baik, bagus, bila murid menjawab atau mengajukan pertanyaan. | |||||
2. | Ia/saya ) membesarkan hati dan memberikan dorongan dengan kata: he-he, mm-mm, atas partisipasi siswa | |||||
3. | Ia/saya ) membesarkan hati dan memberikan dorongan dengan senyum anggukan, pandangan yang ramah atas partisipasi siswa. | |||||
4. | Ia/saya ) berikan tuntutan pada siswa agar dapat memberikan jawaban yang benar | |||||
5. | Ia/saya ) berikan pengarahan sederhana seperti : pikiran dulu, lihat lagi, dan lain-lain agar siswa dapat memberikan jawaban yang benar | |||||
6. | Ia/saya ) menunjukkan hubungan jawaban siswa yang satu dengan yang lain agar mereka lekas memperoleh jawaban yang benar. |
Komentar tentang keterampilan:…………………….
Supervisor/observer
( )
Lampiran
KETERAMPILAN UNTUK MENGELOLA KELOMPOK KECIL DAN PERORANGAN
Nama : Topik :
Tanggal : Kelas : peer/murid sungguhan
Supervisor : Pengajaran : utama/ulung
Bacalah dengan cermat format ini sebelum anda menyimak hasil latihan Micro Teaching
Berilah tanda check (√) yang anda anggap sesuai
1= lemah, 2= cukup, 3= baik, 4= baik sekali, 5= sempurna
No. | Komponen | Nilai | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1. | Keterampilan mengadakan pendekatan secara pribadi
|
|||||
2. | Keterampilan mengorganisasikan
|
|||||
3. | Keterampilan membimbing dan memudahkan belajar
– Interaksi – Tutoring (member bantuan tambahan) – Partisipasi – Menjadi pemimpin diskusi – Sebagai katalisator |
|||||
4. | Keterampilan merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar
|
Komentar tentang keterampilan:…………………….
Supervisor/observer
( )
trima kasih mbk rpp nya….