RPP Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan    : SD Negeri 78 Kota Bengkulu

Tema                          : Kegiatan

Alokasi Waktu           : 2 Minggu

Jumlah Pertemuan    : 15 x Pertemuan

 

I. Standar Kompetensi

Pendidikan Kewarganegaraan

1. Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

Ilmu Pengetahuan Sosial

1. Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

Ilmu Pengetahuan Alam

1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan mahkluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada mahkluk hidup.

2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhaap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkunga

3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari

Matematika

1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah

Bahasa Indonesia

Mendengarkan

1. Memahami Penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Membaca

2. Membaca teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng

Menulis

3. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi.

Seni Budaya dan Keterampilan

Seni Rupa

2. Mengepresikan diri melalui karya seni rupa

Seni Musik

3. Mengapresiasi karya seni musik

II. Kompetensi Dasar

Pendidikan Kewarganegaraan

1.1    Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa

1.2    Mengamalkan  nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari

Ilmu Pengetahuan Sosial

1.2  Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

1.3  Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa

Ilmu Pengetahuan Alam

1.2    Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana

2.3  Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar

3.1  Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas

Matematika

1.1  Menentukan letak bilangan pada garis bilangan

1.3  Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka

1.4  Melakukan operasi hitung campuran

2.1 Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan atau jam)

2.3 Mengenal hubungan antarsatuan  waktu, antarsatuan panjang dan antarsatuan berat,

Bahasa Indonesia

3.1    Melakukan sesuatu berdasar-kan penjelasan yang disampaikan secara lisan

3.2    Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat

3.3    Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat

3.4    Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif

4.1 Menyusun paragraf berdasar-kan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan

Seni Budaya dan Keterampilan

2. 2 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dan motif  hias daerah setempat

3.1  Mengidentifikasi berbagai simbol nada dalam lagu sederhana

4.2 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana

  1. III. Indikator

Pendidikan Kewarganegaraan

–  Menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

–  Menjelaskan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan

–  Menjelaskan makna sumpah pemuda

–  Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam lehidupan sehari-hari.

Ilmu Pengetahuan Sosial

–  Memberi contoh cara memelihara lingkungan dengan cara yang baik

–  Mempratekkan cara memelihara lingkugan disekitar rumah.

–  Menjelaskan keuntungan kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan/desa

Ilmu Pengetahuan Alam

–  Mempratekkan cara memelihara tanaman

–  Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat

–  Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat

–  Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair

–  Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas

Matematika

–  Menentukan posisi pada garis bilangan

–  Menentukan pola pada garis bilangan

–  Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian

–  Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian

–  Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua

–  Menyebutkan jenis alat ukur sederhana

–  Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur

–  Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam

–  Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam

–  Menentukan hubungan antar satuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram.

Bahasa Indonesia

–  Mendengarkan penjelasan

–  Menyusun percakapan melalui telepon

–  Memberikan tanggapan dan saran

–  Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat

–  Memahami isi cerita

–  Menjawab pertanyaan bacaan

–  Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat

–  Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung

–  Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru

–  Menggunakan kata depan di- dan ke

Seni Budaya dan Keterampilan

–   Mewarnai gambar dengan berbagai warna .

–    Siswa dapat menggambar suatu alat

–   Menyebutkan tangga nada suatu lagu

–   Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak-anak

  1. IV. Tujuan Pembelajaran
    1. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan nama-nama suku bangsa yang ada di Indonesia
    2. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan bahasa yang digunakan di lingkungan rumahnya
    3. Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat memahami makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
    4. Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
    5. Melalui penjelasan dan bimbingan guru menjelaskan pentingnya menjunjung tinggi nilai –nilai persatuan
    6. Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan makna sumpah pemuda
    7. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
    8. Melalui pengamatan gambar dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan pengertian lingkungan alami dan lingkungan buatan
    9. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan 3 contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan
    10. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara lingkungan alam dan buatan dengan baik
    11. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menceritakan atau mempraktekkan cara merawat lingkungan yang ada di sekitar kita.
    12. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan
    13. Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan keuntungan dari kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan
      1. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
      2. Melalui bimbingan guru, siswa dapat mempratekkan cara memelihara tanaman
      3. Melalui demostrasi, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat
      4. Melalui demostrasi, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair
      5. Melalui demostrasi, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas
      6. Melalui pengamatan gambar. siswa dapat menjelaskan lingkungan yang sehat
      7. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan lingkungan sehat
      8. Melalui pengamatan gambar. siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat
      9. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan lingkungan yang tidak sehat
      10. Melalui pengamatan gambar. siswa dapat membedakan lingkungan yang sehat dan yang tidak sehat
      11. Melalui pemberian tugas, siswa dapat membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat
    14. Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat menentukan letak bilangan pada garis bilangan
    15. Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat menuliskan bilangan pada garis bilangan
    16. Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat menentukan pola pada garis bilangan
    17. Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian
    18. Melalui penjelasan guru,siswa dapat mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
    19. Melalui penjelasan dan bimbingan guru,siswa dapat membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan habis atau tidaknya apabila dibagi dua
    20. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan alat-alat ukur yang sederhana
    21. Melaui demostrasi, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur
    22. Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam
    23. Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam
    24. Melalui alat peraga dan bimbingan guru. siswa dapat menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun
    25. Melalui alat peraga dan bimbingan guru. siswa dapat menentukan hubungan antarsatuan berat : kg, ons, gram
    26. Setelah mendengarkan teks yang berisi petunjuk, siswa dapat menjelaskan kembali isi tentang petunjuk melakukan sesuatu
    27. Melalui peragaan dan bimbingan guru, siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon
    28. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat memberikan tanggapan dan saran
    29. Melalui bimbingan guru, siswa dapat membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat
    30. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan
    31. Melalui bimbingan guru,siswa dapat memahami isi teks
    32. Melalui bimbingan guru,siswa dapat menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat
    33. Melalui bimbingan guru,siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung
    34. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan sen
    35. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru
    36. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menulis kalimat menggunakan kata depan di- dan ke
  • Pendidikan Kewarganegaraan
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Ilmu Pengetahuan Alam
  • Matematika
  • Bahasa Indonesia
  • Seni Budaya dan Keterampilan
  1. Melalui pemberian tugas dan bimbingan guru, siswa dapat mewarnai gambar perisai dengan berbagai warna
  2. Melalui pemberian tugas dan bimbingan guru, siswa dapat menggambar berbagai alat yang ada disekitar mereka,
  3. Melalui pemberian tugas dan bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan tangga nada suatu lagu dengan benar
  4. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan suatu lagu wajib dengan benar
  5. Melalui bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan suatu anak-anak dengan benar

V. Materi Pelajaran

Pendidikan Kewarganegaraan

  • Ø Pencerminan satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
  • Ø Mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda

Ilmu Pengetahuan Sosial

  • Ø Lingkungan alam dan lingkungan buatan
  • Ø Kerjasama

Ilmu Pengetahuan Alam

  • Ø Ciri-ciri makhluk hidup
  • Ø Lingkungan sehat dan tidak sehat
  • Ø Sifat-sifat benda (padat,cair dan gas)

Matematika

  • Ø Garis bilangan
  • Ø Perkalian dan pembagian
  • Ø Pengerjaan hitung campuran
  • Ø Alat ukur
  • Ø Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.

Bahasa Indonesia.

  • Ø Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan secara lisan.
  • Ø Membaca nyaring
  • Ø Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
  • Ø Menjelaskan isi teks
  • Ø Menyusun paragraf

Seni Budaya dan Keterampilan

  • Ø Lagu wajib dan lagu anak-anak
  • Ø Menggambar

VI. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke- 1 (ke satu)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                    : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia, Matematika

Tujuan Pembelajaran

  • Ø Bahasa Indonesia:

–  Siswa dapat menulis kalimat dengan tanda hubung (-)

  • Ø Matematika:

–  Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat menentukan hubungan antarsatuan waktu: hari, minggu, bulan, dan tahun.

–  Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat membaca tanda waktu pada jam dengan benar

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan tema pembelajaran
      5. Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
      6. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Guru menjelaskan penggunaan tanda hubung (-)
  2. Siswa memperhatikan penjelasan guru
  3. Beberapa siswa diminta untuk menyebutkan tanggal lahir mereka masing-masing.
  4. Guru meminta beberapa siswa maju kedepan untuk menghubungkan tanda hubung pada tanggal kelahiran siswa.
  5. Guru membimbing siswa.
  6. Guru memberikan beberapa contoh kalimat dan meminta siswa untuk menuliskannya kembali yang telah dilengkapi dengan tanda hubung.
  7. Guru memberikan bimbingan kepada siswa
  8. Guru memperlihatkan kalender tahun 2009 dan meminta beberapa siswa maju kedepan untuk menunjukkan tanggal lahir, hari, bulan sesuai dengan tanggal kelahiran mereka masing-masing.
  9. Siswa diminta untuk menunjukkan jam berapa mereka lahir dengan menunjukkan pada jam tiruan.

10.  Siswa diminta untuk membaca dan menuliskan waktu yang telah ditentukan oleh guru

11.  Siswa diminta untuk menentukkan nama hari sesudah dan sebelum hari yang telah ditentukan oleh guru

12.  Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa terhadap materi yang belum jelas

13.  Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis

14.  Guru memberikan evaluasi kepada siswa

15.  Siswa menggerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa mengerjakan evaluasi

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan tindak lanjut (RP) sebagai latihan dirumah berupa menentukan waktu dan hari
  4. Guru menutup pelajaran
  5. VII. Metode Pembelajaran
    1. Model       : Pembelajaran Tematik
    2. Metode     : Ceramah, Tanya jawab, Pemberian tugas, demonstrasi, Pengamatan

VIII. Alat dan Sumber

  • Ø Alat:

–     Kalender

–      Media jam tiruan

  • Ø Sumber:

–       Buku bahasa Indonesia Kelas III  penerbit Erlangga

–       Buku Matematika kelas III karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III penerbit BSNP

IX.  Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Keberanian dalam bertanya

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi:

Isilah pertanyan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

  1. Potonglah kata-kata di bawah ini sesuai dengan suku katanya. Gunakanlah tanda hubung yang tepat:
    1. Sejuk, kesejukan
    2. Sapu, menyapu
    3. Tertib, ketertiban
    4. Tangkap, menangkap
  1. Berilah tanda penghubung pada kata-kata yang bercetak tebal di bawah ini dengan benar!
    1. a. Indonesia merdeka pada tanggal tujuh belas, bulan delapan, tahun seribu sembilan ratus empat puluh lima.
    2. La Baco menjadi juara kedua lomba lari.
    3. Buatlah 2 kalimat dengan menggunakan kata hubung yang tepat?
    4. Sebutkanlah jumlah hari dan bulan pada soal dibawah ini:
      1. Satu minggu ada ……… hari
      2. 4 tahun + 6 bulan =……….. bulan
    5. Pukul berapakah yang ditunjukkan pada jarum jam dinawah ini:
      1. b.

Di baca……                  di baca……….

Ditulis……….                 ditulis……..

Kunci Jawaban

  1. a.   Se-juk, ke-se-ju-kan
    1. Sa-pu, me-nya-pu, menya-pu
    2. Ter-tib, ke-ter-ti-ban
    3. Tang-kap, me-nang-kap
    4. a. Indonesia merdeka pada tanggal 17- 8- 1945

b. La Baco menjadi juara ke-2 lomba lari.

  1. a. Anak kelas 3 akan melaksanakan ulangan umum pada tanggal 20- 10-2009

b.Andika adalah anak ke-4 dari lima bersaudara.

  1. a. Satu minggu ada 7 hari
    1. 52 minggu
    2. a. Dibaca jam sepuluh tepat

Di tulis pukul 10,00

b, Di baca jam setengah delapan

Di tulis pukul 07.30

Pertemuan ke- 2 (ke dua)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                    : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : IPS, IPA ,SBK

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø IPS:

–       Melalui pengamatan gambar dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan pengertian  lingkungan alami dan lingkungan buatan

–       Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan 3 contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan

  • Ø IPA:

–       Melalui pengamatan gambar. siswa dapat menjelaskan lingkungan yang sehat

–       Melalui bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan lingkungan sehat

  • Ø SBK

–       Melalui bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan benar

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
      5. Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
      6. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Guru menempelkan gambar lingkungan yang sehat dan yang tidak sehat
  2. Siswa memperhatikan gambar
  3. Siswa diminta untuk menyebutkan pengertian lingkungan yang sehat berdasarkan gambar yang ada
  4. Siswa menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan lingkungan menjadi sehat
  5. Siswa diminta untuk menyebutkan apa nama kenampakan alam yang ada pada gambar tersebut.
  6. Siswa diminta untuk menjelaskan tentang lingkungan alami dan lingkungan buatan
  7. Berdasarkan media gambar siswa diminta untuk menyebutkan contoh lingkungan alam dan lingkungan buatan yang ada,
  8. Siswa diminta untuk menjelaskan cara merawat lingkungan agar tetap lestari dan tetap terjaga.
  9. Siswa secara bersama-sama menyanyikan lagu “lihat kebunku”.
  10. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa terhadap materi yang belum jelas
  11. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  12. Guru memberikan evaluasi kepada siswa
  13. Siswa menggerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa mengerjakan evaluasi

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan memberikan pengayaan
  4. Guru menutup pelajaran
  1. VII. Metode Pembelajaran
    1. Model           : Pembelajaran Tematik
    2. Metode         : Ceramah, Tanya jawab, Pemberian tugas, demonstrasi, Pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–   Media gambar tentang lingkunga yang sehat dan tidak sehat,

–   Media gambar tentang lingkungan alami dan lingkungan buatan

  • Ø Sumber:

–       Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3 Semester I karangan Tim Bina Karya Guru karangan Erlangga

–       Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Semester I karangan Sri Harmi Penerbit PT. Tiga Serangkai

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III penerbit BSNP

  1. IX. Penilaian

–        Prosedur          : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–        Teknik             ; Evaluasi

–        Bentuk                        : Essay

Tabel Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam mengamati gambar

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi:

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

  1. Apa yang dimaksud dengan Lingkungan alami?
  2. Sebutkan 3 contoh lingkungan alami?
  3. Sebutkan 3 contoh lingkungan buatan?
  4. Laut termasuk lingkungan apa?
  5. Termasuk apakah lingkungan rumah itu?
  6. Sebutkan 3 cara merawat lingkungan disekitar rumah?
  7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan yang sehat?
  8. Sebutkan 2 faktor yang meyebabkan lingkungan menjadi sehat?
  9. Sebutkan manfaat dari lingkungan yang sehat bagi kesehatan kita?
    1. Sebutkan syarat-syarat rumah yang sehat?

Kunci Jawaban:

  1. Lingkungan alami adalah lingkungan yang telah ada sebelumnya atau lingkungan yang diciptakan Tuhan tanpa campur tangan manusia.
  2. Sungai, laut, hutan
  3. Waduk, kolam, dan jalan
  4. Laut termasuk lingkungan alami
  5. Lingkungan buatan
  6. a. Membersihkan saluran-saluran air

b. Membuang sampah pada tempat nya

  1. Lingkungan sehat adalah lingkungan yang bersih yang tidak menyebabkan kita mudah terserang penyakit.
  2. a. Menjaga kebersihan lingkungan

b. Udara dan air bersih

  1. Lingkungan yang sehat dapat mencegah kita dari berbagai penyakit.
    1. Pintu, jendela dan lubang angin (ventilasi)

Pertemuan ke- 3 (ke tiga)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                    : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : BI, IPA

Tujuan Pembelajaran:

  • BI

–       Melalui bimbingan guru, siswa dapat membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat

–       Setelah membaca wacana, siswa dapat menjawab  pertanyaan dengan benar.

  • IPA

–       Melalui pengamatan gambar. siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat

–       Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan hal-hal yang dapat menyebabkan lingkungan yang tidak sehat

–       Melalui pengamatan gambar. siswa dapat membedakan lingkungan yang sehat dan yang tidak sehat

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (5 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
      5. Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
      6. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Guru membagikan wacana yang berjudul “pasar”
  2. Beberapa siswa diminta untuk membaca wacana tersebut dengan bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  3. Guru membimbing siswa ketika membaca wacana dan siswa lain menyimak.
  4. Guru memberikan pertanyaan secara lisan mengenai isi wacana tersebut.
  5. Beberapa siswa menjawab pertanyaan guru
  6. Guru menempel gambar suatu  pasar dan meminta siswa untuk mengamati lingkungan sekitar yang ada pada gambar pasar tersebut.
  7. Siswa diminta menjelaskan lingkungan pasar yang kurang sehat tersebut
  8. Siswa diminta untuk menjelaskan hal-hal apa saja yang mempengaruhi atau yang menyebabkan lingkungan tidak menjadi sehat.
  9. Siswa diminta untuk menjelaskan bagaimana cara merawat lingkungan agar tetap menjadi sehat.
  10. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  11. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  12. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan memberikan tugas berupa membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat.
  4. Guru menutup pelajaran

VII. Metode Pembelajaran

Model       : Pembelajaran Tematik

Metode     : Ceramah, Tanya jawab, Pemberian tugas, Pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat       :

–       Teks Wacana “Pasar”,

–       Media gambar pasar

  • Ø Sumber:

–       Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3 Semester I karangan Tim Bina Karya Guru karangan Erlangga

–       Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Semester I karangan Sri Harmi Penerbit PT. Tiga Serangkai

–       Buku bahasa Indonesia Kelas III  penerbit Erlangga

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III penerbit BSNP

  1. IX. Penilaian

–   Prosedur            : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik    ; Evaluasi

–   Bentuk   : Isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam mengamati gambar

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi Pertemuan ke-3

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

  1. Apa yang dimaksud dengan pasar?
  2. Mengapa supermaket di sebut juga dengan pasar swalayan atau pasar modern?
  3. Sebutkan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat?
  4. Jelaskan hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat?
  5. Bagaimana cara merawat lingkungan agar tetap menjadi sehat?

Kunci Jawaban

  1. Pasar adalah tempat bertemu antara penjual dan pembeli
  2. Karena supermaket hanya terdapat pada kota-kota besar dan pada supermaket tidak diperbolehkan untuk tawar menawar.
  3. a. Udara yang kotor

b. Tidak tersedianya tempat sampah.

c. Tidak ada saluran air.

d. Tidak terdapat tumbuhan sehingga terlihat gersang.

e. Terdapat banyak hewan liar yang kelihatan kotor.

  1. Meludah sembarangan, membuang sampah tidak pada tempatnya, buang air besar dan kecil disembarangan tempat dan meminum-minum keras.
  2. Meludah pada tempatnya, membuang sampah pada tempatnya, buang air besar dan kecil pada tempat yang telah ditentukan karena tinja dan seni merupakan sampah yang harus dikeluarkan dari tubuh dan mengandung kuman penyakit, batuk dan bersin dengan menutup mulut agar kumannya tidak enyebar kemana-mana.

Pertemuan ke- 4 (ke empat)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : Matematika, IPA

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø Matematika

–   Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat menentukan letak bilangan pada garis bilangan

–  Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat menuliskan bilangan pada garis bilangan

  • Ø IPA

–       Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup

Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pembelajaran
      5. Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
      6. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Siswa mengamati gambar pertumbuhan makhluk hidup
  2. Guru meminta siswa untuk menderetkan angka yang ada pada gambar perkembangan makhluk hidup
  3. Guru mengenalkan garis bilangan dengan menggunakan meteran kain dan garis bilangan.
  4. Siswa diminta untuk membuat garis bilangan dan melengkapi lambang bilangan yang berurutan dari yang kecil hingga yang besar.
  5. Guru membimbing siswa
  6. Siswa diminta untuk menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar yang ada dipapan tulis
  7. Beberapa siswa diminta untuk menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
  8. Guru membimbing siswa ketika menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup
  9. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  10. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  11. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang bersifat membangun
  4. Guru menutup pelajaran
  5. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–       Media gambar pertumbuhan makhluk hidup dan ciri-ciri makhluk hidup,

–       Meteran kain,

–       Garis Bilangan

  • Ø Sumber:

–       Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Semester I karangan Sri Harmi Penerbit PT. Tiga Serangkai

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Buku Matematika kelas III semester I karangan Jautar, dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

IX. Penilaian

–  Prosedur   : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–  Teknik      ; Evaluasi

–  Bentuk     : Isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan menggunakan alat peraga

2

3

4

5

dst

Evaluasi

Isilah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

  1. .

2            …     …     5      6     …     …     …     …     11     12     ….     ….     15

  1. .

0           …         2          …         ….        5          …         …         …         9          10

  1. .

2                  ….  ….       5          6          ….        8          …         9

4.  5, 6, …, …., …., 10, …., ……

5.  2, …, …., ….., …., ….., ….., 9

6. ciri-ciri makhluk hidup adalah…………………………………………………………………

7. Ular merayap menggunakan………………………………………………………………………

8. Manusia bernapas menggunakan……………………………………………………………………

9. Mulut daun pada tumbuhan disebut……………………………………………………………..

10. 3 contoh hewan yang berkembang biak dengan melahirkan adalah……………………

Kunci Jawaban

2            3      4      5       6     7     8      9      10      11      12     13     14      15

2.

0        1     2          3          4          5          6          7          8          9          10

3.

2                   3       4        5        6          7          8          9

4. 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12

5.  2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

6. 3 ciri makhluk hidup adalah tumbuh, bergerak dan berkembang biak

  1. Perut
  2. Paru-paru
  3. Stomata
    1. Sapi, kerbau, kucing

Pertemuan ke- 5 (ke lima)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 5 x 35 menit

Mata Pelajaran           : SBK , Pkn, Bahasa Indonesia, MM,

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø SBK

–   Melalui pemberian tugas dan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan suatu lagu wajib dengan benar

  • Ø Pkn

–       Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan nama-nama suku bangsa yang ada di Indonesia

–       Melalui penjelasan guru dan membaca wacana, siswa dapat menyebutkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

–       Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

  • Ø Bahasa Indonesia

–        Melalui bimbingan guru, siswa dapat menggunakan kata depan di- dan ke dalam suatu kalimat

  • Ø Matematika

–   Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan habis atau tidaknya apabila dibagi dua

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

a.  Pra Kegiatan (10 menit)

  1. Siswa berbaris di depan kelas
  2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.

b. Kegiatan Pembuka (10 menit)

  1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
  2. Guru dan siswa berdoa bersama
  3. Guru mengecek kehadiran siswa
  4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan tema pembelajaran
  5. Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
  6. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (135 menit)

  1. Siswa bernyanyi bersama “Satu Nusa Satu Bangsa” sambil bertepuk tangan
  2. Siswa diminta untuk menceritakan isi lagu tersebut.
  3. Guru membagikan teks wacana yang berjudul “Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa”
  4. Siswa diminta untuk membaca teks dan memahami isi teks tersebut.
  5. Siswa diminta menjelaskan makna Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa berdasarkan teks tersebut.
  6. Siswa mengamati gambar tentang macam-macam suku bangsa
  7. Siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama suku bangsa yang ada di Indonesia.
  8. Siswa diminta untuk menyebutkan kata-kata yang ada didalam teks “Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa” yang mempunyai awalan di- dan ke.
  9. Siswa diminta untuk menyebutkan contoh kalimat yang mempunyai awalan di- dan ke.
  10. Guru mengenalkan bilangan ganjil dan bilangan genap dengan menggunakan garis bilangan.
  11. Siswa diminta untuk menyebutkan bilangan ganjil dan bilangan genap
  12. Siswa diminta untuk membedakan bilangan ganjil dan bilangan genap berdasarkan habis atau tidaknya apabila dibagi dua.
  13. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  14. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  15. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan memberikan pengayaan
  4. Guru menutup pelajaran
  5. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–       Teks Wacana “Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa”,

–       Media gambar macam-macam suku bangsa.

–       Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa”.

–       Garis Bilangan

  • Ø Sumber:

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas III semester I karangan Slamet, dkk penerbit Depdiknas tahun 2008

–       Buku Matematika kelas III semester I karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Buku lagu Wajib dan Nasional karangan Slamet Rahardjo penerbit Aneka Ilmu

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

IX. Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : Isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam mengamati gambar dan menyanyi

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi Pertemuan ke-5

Isilah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!

  1. 5  suku bangsa yang ada di Indonesia yaitu……, ……, ……., ……., ……..
  2. 5 Pulau yang ada di Indonesia yaitu……., ……., ………, ………., ………..
  3. Satu nusa berarti satu……………………………….
  4. Bahasa Persatuan Indonesia adalah………………
  5. …………….., orang biasa membeli resep dokter.
  6. Adik pergi…………. buah untuk membeli buah-buahan.
  7. 22 termasuk bilangan……………………….

8. 175 termasuk bilangan……………………….

Kunci Jawaban

  1. Suku Jawa, suku Sunda, suku Aceh, suku Nias dan suku Batak.
  2. Pulau jawa, pulau kalimantan, pulau sumatra, pulau sulawesi dan pulau ambon
  3. Satu nusa maksudnya satu kepulauan.
  4. Bahasa Indonesia
  5. Di apotek, orang biasa membeli resep dokter.
  6. Adik pergi ke toko buah untuk membeli buah-buahan,
  7. 22 termasuk bilangan genap karena kalau di bagi 2 hasilnya tidak bersisa

8. I75 termasuk bilangan ganjil karena satuannya ganjil yaitu 5 kalau di bagi 2 hasilnya bersisa.

Pertemuan ke- 6 (ke enam)

Hari / Tanggal  :

Waktu                            : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBK.

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø Bahasa Indonesia

–       Setelah mendengarkan teks yang berisi petunjuk, siswa dapat menjelaskan kembali isi tentang petunjuk melakukan sesuatu

  • Ø Matematika

–  Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan alat-alat ukur yang sederhana

–  Melaui demostrasi, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur

  • Ø SBK

–       Melalui pemberian tugas dan bimbingan guru, siswa dapat menggambar berbagai alat ukur yang  ada disekitar mereka,

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan tema pembelajaran
      5. Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
      6. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Guru menjelaskan tentang  petunjuk melakukan sesuatu  “Membasmi musuh petani”
  2. Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru
  3. Guru meminta siswa untuk menjelaskan kembali di depan kelas tentang petunjuk “Membasmi musuh petani” dengan kalimat yang mudah dipahami
  4. Guru membimbing siswa.
  5. Guru menjelaskan tentang alat ukur
  6. Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat ukur yang sederhana berdasarkan gambar yang ada dipapan tulis,
  7. Guru meminta beberapa siswa untuk maju kedepan untuk memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang akan diukur,
  8. Guru membimbing siswa.
  9. Guru meminta salah satu siswa untuk menggambarkan salah satu alat ukur yang dianggap mudah untuk di gambar.

10.  Guru membimbing siswa ketika menggambar satu alat ukur

11.  Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa terhadap materi yang belum jelas

12.  Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis

13.  Guru memberikan evaluasi pelajaran.

14.  Guru membimbing siswa mengerjakan evaluasi

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan tindak lanjut (RP) sebagai latihan dirumah berupa menggambar beberapa alat ukur yang ada dirumah dan menyebutkan fungsinya.
  4. Guru menutup pelajaran
  5. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Alat:

–       Gambar macam-macam alat ukur,

–       Macam-macam alat ukur (mistar, timbangan, macam-macam jam)

  • Sumber:

–       Buku bahasa Indonesia Kelas III  penerbit Erlangga

–       Buku Matematika kelas III karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III penerbit BSNP

  1. IX. Penilaian

–       Prosedur            : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–       Teknik    ; Evaluasi

–       Bentuk   : Essay

Tabel Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam menggunakan alat ukur

2

3

4

5

dst

Soal Evaluasi

Jawablah pertanyan di bawah ini dengan benar!

  1. Berbahayakah pestisida bagi kesehatan manusia?
  2. Sebutkan 3 jenis hama yang menjdi musuh petani?
  3. Sebutkan beberapa 3 alat ukur yang sering digunakan beserta fungsinya?
  4. Apabila kita akan menimbang suatu berat kita dapat menggunakan apa?
  5. Sebutkan yang termasuk satuan panjang?

Kunci Jawaban

  1. Berbahaya, karena pestisida mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan manusia
  2. Tikus, wereng, keong mas
  3. 3 alat ukur yang sering kita gunakan adalah jam berfungsi untuk mengukur waktu, mistar digunakan untuk mengukur satuan panjang dan timbangan digunakan untuk mengukur berat.
  4. Timbanagan
  5. Mistar, jengkal, siku dan depa

Pertemuan ke- 7 (ke tujuh)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : IPS, Matematika

Tujuan Pembelajaran:

  • IPS

–  Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan keuntungan dari kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan

  • Matematika

–   Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat menentukan pola pada garis bilangan

–  Melalui bimbingan guru, siswa dapat menuliskan bilangan pada garis bilangan

Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

a.  Pra Kegiatan (10 menit)

  1. Siswa berbaris di depan kelas
  2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.

b. Kegiatan Pembuka (10 menit)

  1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
  2. Guru dan siswa berdoa bersama
  3. Guru mengecek kehadiran siswa
  4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
  5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Siswa diminta untuk mengamati gambar bentuk-bentuk kerjasama yang ada dipapan tulis
  2. Salah satu siswa diminta untuk menceritakan gambar tersebut.
  3. Siswa diminta untuk menyebutkan contoh-contoh kerjasama dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
  4. Siswa menyebutkan manfaat dari kerjasama dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
  5. Guru memberikan bimbingan
  6. Guru menjelaskan pola barisan pada garis bilangan
  7. Beberapa siswa diminta untuk menentukan pola pada garis bilangan.
  8. Guru meminta beberapa siswa untuk melengkapi angka/bilangan  pada garis bilangan.
  9. Guru membimbing siswa
  10. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  11. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  12. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang bersifat membangun.
  4. Guru menutup pelajaran
  1. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–          Garis bilangan,

–          Gambar-gambar kerjasama

  • Ø Sumber :

–   Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–   Buku Matematika kelas III semester I karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–   Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Semester I karangan Sri Harmi Penerbit PT. Tiga Serangkai

–   Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

IX. Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : Essay

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam menggunakan alat peraga

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi:

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat

  1. Apa yang dimaksud dengan kerjasama ?
  2. 2. Jelaskan 2 keuntungan dari dari kerjasama dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat?

3       …       9      ….      ….     18       …       24       ….       30

4.

0 …   8    …   16     20   …        28   ….    ……

5. Tentukanlah pola pada barisan bilangan berikut:

a. 5, 6, 7, 8, …, …, …, …

b. 13, 18, 23, …, …, …, ….

c. 12, 10, 8, 6, …., …., ……

Kunci Jawaban

  1. Kerjasama adalah kegiatan yang dilakukan beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.
  2. keuntungan dari kerjasama dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat adalah akan mempererat persatuan, akan memperoleh banyak teman, perkerjaan akan terasa lebih ringan dan cepat selesai.

3       6       9      12      15     18       21       24        27       30

4.

1 4    8    12   16    20     24     28   32    36

5. .a. 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13

b. 13, 18, 23, 28, 33, 38,43

c. 12, 10, 8, 6, 4, 3, 2

Pertemuan ke-8 (ke delapan)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : IPA, BI, PKN

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø Bahasa Indonesia

–       Melalui bimbingan guru, siswa dapat membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat

–       Setelah membaca wacana , siswa dapat menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan secara lisan guru.

  • Ø IPA

–       Melalui bimbingan guru, siswa dapat mempratekkan cara memelihara tanaman

  • Ø Pkn

–        Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan makna sumpah pemuda

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa bebrbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
      5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Guru meminta siswa untuk membaca teks yang berjudul ”Sumpah Pemuda” dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  2. Siswa lain menyimak ketika temannya membaca.
  3. Siswa diberikan pertanyaan secara lisan mengenai isi dari teks tersebut
  4. Siswa diminta untuk menjelaskan makna dari sumpah pemuda.
  5. Siswa diminta untuk mempratekkan untuk memilihara tanaman sebagai wujud dari pengamalan nilai-nilai sumpah pemuda.
  6. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  7. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  8. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang bersifat membangun.
  4. Guru menutup pelajaran
  1. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–    Teks bacaan yang berjudul “Sumpah Pemuda”

  • Ø Sumber :

–   Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–   Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

–   Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas III karangan Slamet, dkk penerbit Depdiknas tahun 2008

–   Buku bahasa Indonesia kelas III semester I, penerbit Erlangga

IX. Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : Essay

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam membaca wacana

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan

  1. Tuliskan isi teks sumpah pemuda?
  2. Mengapa kita perlu menghargai perbedaan bahasa daerah?
  3. Jelaskan makna dari sumpah pemuda yang pertama?
  4. Sebutkan 3 contoh agar persatuan dan kesatuan tetap kokoh?
  5. Kapan sumpah pemuda diikrarkan?

Kunci Jawaban

  1. Isi teks sumpah pemuda

1. Kami Putra dan putri Indonesia bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia

2.  Kami Putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

3. Kami Putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

  1. Kita perlu menghargai perbedaan bahasa daerah karena di Indonesia banyak ditemui bermacam-macam bahasa daerah, sehingga walaupun berbeda-beda kita tetap bersatu.
  2. Makna dari sumpah pemuda yaitu: bertanah air Indonesia walaupun bangsa Indonesia bertempat tinggal berpencar-pencar diwilayah indonesia tetapi tetap merupakan satu tanah air.
  3. 3 contoh agar persatuan dan kesatuan tetap kokoh yaitu: mempererat hubungan kekeluargaan, menciptakan kerukunan hidup, dan memperkokoh rasa cinta tanah air.
  4. Sumpah pemuda diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 2009

Pertemuan Ke-9 (ke sembilan)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : Matematika, IPA,

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø Matematika

–  Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam

  • Ø IPA

–  Melalui demostrasi, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat

–  Melalui penjelasan guru siswa, dapat menyebutkan contoh-contoh benda padat

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
      5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai materi pelajaran dengan memperhatikan alat peraga berupa tiruan jam
  2. Siswa menyimak penjelasan guru
  3. Beberapa siswa diminta untuk membaca tanda waktu setengah jam, seperempat jam pada jarum jam.
  4. Guru membimbing siswa
  5. Siswa diminta untuk menunjukkan waktu yang telah ditentukan oleh guru
  6. Guru  meminta siswa untuk memperhatikan benda-benda yang ada di ruangan kelas
  7. Beberapa siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama benda tersebut.
  8. Siswa diminta untuk menyebutkan sifat-sifat benda tersebut dan mengisi pada kolom yang ada dipapan tulis.
  9. Guru membimbing siswa
  10. Siswa diminta untuk mengelompokkan yang termasuk benda-benda padat berdasarkan macam-macam benda padat yang ada
  11. Guru membimbing siswa
  12. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  13. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  14. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang berupa membangun.
  4. Guru menutup pelajaran
  5. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–       Jam tiruan,

–       Macam-macam benda padat dan cair

  • Ø Sumber:

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Buku Matematika kelas III semester I karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Semester I karangan Sri Harmi Penerbit PT. Tiga Serangkai

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

IX, Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : essay

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam melakukan percobaan

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi Pertemuan ke- 9

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

  1. Menunjukkan pukul berapakah jarum jam pada gambar jam berikut ini?
    1. b.                        c.                          d.
  1. Lengkapilah gambar jam berikut dengan membubuhkan jarum panjang dan pendek sesuai dengan petunjuk yang benar.
    1. f.                                    g.                           h.

Pukul sembilan        Pukul delapan           Pukul Setengah   pukul sembilan tepat

Seperempat           kurang seperempat    Tujuh

  1. Sebutkanlah sifat-sifat benda padat?
  2. Sebutkanlah 5 contoh benda padat?

Kunci Jawaban

  1. a. Pukul setengah dua belas
    1. Pukul Satu lebih tiga puluh menit
    2. Pukul dua lebih empat puluh menit
    3. Pukul enam lebih lima belas menit
    4. .a.                        b.                             c.                               d’
  1. Sifat benda padat adalah selalu tetap tidak tergantung pada wadahnya
  2. 5 contoh benda padat plastisin, batu, pensil, kayu, besi

Pertemuan Ke-10  (kesepuluh)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 5 x 35 menit

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia, IPS, Pkn, SBK

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø Bahasa Indonesia

–       Melalui pengamatan gambar, siswa dapat memberikan tanggapan dan saran  pada gambar yang diamati

  • Ø IPS

–  Melalui penjelasan guru, siswa dapat menceritakan atau mempraktekkan cara merawat lingkungan yang ada di sekitar kita.

  • Ø Pkn

–  Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan bahasa yang digunakan di lingkungan rumahnya

  • Ø SBK

–  Melalui bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan tangga nada suatu lagu dengan benar

Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

a.  Pra Kegiatan (10 menit)

  1. Siswa berbaris di depan kelas
  2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.

b. Kegiatan Pembuka (10 menit)

  1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
  2. Guru dan siswa berdoa bersama
  3. Guru mengecek kehadiran siswa
  4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan tema pembelajaran
  5. Guru menuliskan tema pembelajaran di papan tulis
  6. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti  (140 menit)

  1. Siswa diminta untuk mengamati gambar “ rumah yang bersih dan yang tidak bersih”.
  2. Siswa diminta untuk menyebutkan ciri-ciri yang berbeda pada kedua gambar tersebut.
  3. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan dan saran terhadap gambar yang ada.
  4. Guru memberikan bimbingan kepada siswa
  5. Siswa diminta untuk menceritakan cara merawat lingkungan yang ada disekitar kita.
  6. Siswa diminta untuk menyebutkan bahasa apa yang digunakan di lingkungan rumahnya.
  7. Siswa diminta menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa secara bersama-sama
  8. Siswa diminta untuk menyanyikan Satu Nusa Satu Bangsa beserta tangga nadanya secara bersama-sama
  9. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  10. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  11. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan memberikan pengayaan
  4. Guru menutup pelajaran
  5. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII, Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–           Media gambar,

–          Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa dan Satu Bahasa”

  • Ø Sumber:

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas III karangan Slamet, dkk penerbit Depdiknastahun 2008

–       Buku bahasa Indonesia kelas III semester I, penerbit Erlangga

–       Buku Matematika kelas III semester I karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Buku lagu Wajib dan Nasional karangan Slamet Rahardjo penerbit Aneka Ilmu

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

IX. Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : Isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam mengamati gambar

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi

Isilah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar.

  1. Tanggapan adalah………………………………………………………………………………………
  2. Halaman rumah Melia gersang. Tak ada satu pun pohon yang tumbuh di situ.

Tanggapan:…………………………………………………………………………………………………..

Saran          :…………………………………………………………………………………………………..

  1. Melia ingin punya taman di rumahnya.

Tanggapan: ………………………………………………………………………………………………….

Saran          :………………………………………………………………………………………………….

  1. Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah…………………………………………………..
  2. 3 cara merawat lingkungan rumah kita yaitu…………………………………………….

Kunci Jawaban

  1. Tanggapan adalah pendapat yang diberikan tentang suatu yang diamati
  2. Di halaman rumah Melia tak ada satu pun pohon yang tumbuh di situ.

Tanggapan : Melia malas menanam pohon

Saran          : Sebaiknya Melia menanam pepohonan agar ha;aman rumah Melia terlihat rindang dan lebih sejuk

  1. Melia ingin punya taman di rumahnya.

Tanggapan: Melia memiliki keinginan yang baik

Saran         :Melia harus rajin membersihkan taman supaya taman tetap bersih

  1. Bahasa persatuan bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia
  2. cara merawat lingkungan rumah kita yaitu membersihkannya jika kotor dengan cara menyapu, membersihkan selokan dan sebagainya.

Pertemuan ke-11 (ke sebelas)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 5 x 35 menit

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia, IPS, SBK

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø Bahasa Indonesia

–  Melalui bimbingan guru, siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru

  • Ø IPS

–  Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan contoh-contoh kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan

  • Ø SBK

–  Melalui pemberian tugas dan bimbingan guru, siswa dapat mewarnai gambar perisai dengan berbagai warna

–  Melalui pemberian tugas dan bimbingan guru, siswa dapat menggambar berbagai alat yang ada disekitar mereka,

Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

a.  Pra Kegiatan (10 menit)

  1. Siswa berbaris di depan kelas
  2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.

b. Kegiatan Pembuka (10 menit)

  1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
  2. Guru dan siswa berdoa bersama
  3. Guru mengecek kehadiran siswa
  4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
  5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (140 menit)

  1. Guru menjelaskan membuat kalimat dengan menggunakan tanda seru.
  2. Beberapa siswa maju kedepan untuk membuat kalimat dengan menggunakan tanda seru.
  3. Guru membimbing siswa ketika membuat kalimat yang menggunakan tanda seru
  4. Siswa mengamati gambar macam-macam kerjasama yang ditempelkan dipapan tulis
  5. Siswa diminta untuk menyebutkan contoh-contoh kerjasama di lingkungan rumah, sekolah dan kelurahan
  6. Siswa diminta untuk menceritakan kegiatan yang telah mereka lakukan ketika mereka berkerjasama baik dilingkungan rumah, sekolah maupun kelurahan,
  7. Siswa diminta menggambar alat-alat kebersihan yang digunakan ketika melakukan kerjasama baik dilingkungan rumah, sekolah maupun keluruhan.
  8. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  9. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  10. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan tugas berupa mewarnai gambar perisai dengan berbagai warna.
  4. Guru menutup pelajaran
  1. VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–       Media gambar

  • Ø Sumber:

–   Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–   Buku bahasa Indonesia kelas III semester I, penerbit Erlangga

–   Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3 Semester I karangan Tim Bina Karya Guru karangan Erlangga

–   Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

IX. Penilaian

–  Prosedur   : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–  Teknik      ; Evaluasi

–  Bentuk     : Essay

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam mengamati gambar

2

3

4

5

6

dst

Evaluasi

Jawablah pertanyaan di bawah  ini!

  1. Tanda seru digunakan pada kalimat apa?
  2. Buatlah 3 contoh kalimat yang menggunakan tanda seru?
  3. Sebutkan 2 contoh kerjasama di lingkungan rumah?
  4. Sebutkan 2 contoh kerjasama dilingkungan kelurahan?
  5. Gotong royong harus dilandasi dengan rasa apa?

Kunci Jawaban

  1. Tanda seru digunakan pada kalimat perintah
  2. 3 contoh kalimat yang menggunakan tanda seru
    1. Tolong ambilkan piring di atas meja!.
    2. Pergilah, jemput nenek di bandara!
    3. Tolong panggilkan ayahmu!
    4. 2 contoh kerjasama di lingkungan rumah yaitu bersama-sama membersihlan lingkungan rumah, membenarkan rumah apabila rusak.
    5. 2 contoh kerjasama dilingkungan kelurahan yaitu membersihkan jalan, membuat jembatan, melaksanakan ronda.
    6. Gotong royong harus dilandasi dengan rasa ikhlas

Pertemuan ke-12 (ke dua belas)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : MM, BI

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø Matematika

–       Melalui penjelasan guru,  siswa dapat mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian

–       Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian

  • Ø Bahasa Indonesia

–       Melalui peragaan dan bimbingan guru, siswa dapat menyusun percakapan melalui telepon

Kegiatan Pembelajaran

A.  Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
      5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B. Kegiatan Inti (10 menit)

  1. Guru mengenalkan hubungan antara perkalian dengan pembagian.
  2. Siswa diminta untuk mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian.
  3. Siswa diminta untuk mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian
  4. Guru memberikan bimbingan kepada siswa
  5. Guru meminta siswa untuk memperagakan bertelepon dengan temannya.
  6. Ketika siswa selesai memperagakan bertelepon, siswa lain diminta untuk memberikan tanggapan apakah cara bertelepon yang dilakukan temannya tadi sudah baik atau belum?
  7. Siswa diminta untuk menjelaskan cara bertelepon dengan baik.
  8. Siswa diminta untuk menyusun percakapan melalui telepon dengan kalimat yang ringkas yang intinya tentang pembagian tugas yang diberikan guru,
  9. Siswa memperagakan hasil dari percakapan yang telah dibuat.
  10. Guru membimbing siswa
  11. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  12. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  13. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C. Kegiatan Akhir (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang bersifat membangun.
  4. Guru menutup pelajaran

VII. Metode Pembelajaran

Model    : Pembelajaran Tematik

Metode  : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat: HP
  • Ø Sumber:

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

–       Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas III karangan Slamet, dkk penerbit Depdiknastahun 2008

–       Buku bahasa Indonesia kelas III semester I, penerbit Erlangga

–       Buku Matematika kelas III semester I karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Buku Matematika 3 Karangan Rina, dkk penerbit Acarya Media Utama

IX. Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : Isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam bersimulasi

2

3

4

5

dst

Soal Evaluasi

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

  1. Kerjakanlah soal di bawah ini:
    1. 3 x 6 = 18 maka 18 : 3 = …….

18 : 6 = …….

  1. 8 x 4 = 32  maka 32 : 8 = …….

32 : 4 = ……..

  1. 4  x 6 = 24 maka    …. : 4 = …….

…. : 6 = …….

  1. Mengapa kita bertelepon harus menggunakan bahasa yang  baik?
  2. Apa akibatnya jika cara bertelepon kita tidak baik?
  3. Buatlah suatu percakapan yang isinya meminta penjelasan atau menanyakan sesuatu?

Kunci Jawaban

  1. Kerjakanlah soal di bawah ini:
    1. 3 x 6 = 18 maka 18 : 3 = 6

18 : 6 = 3

  1. 8 x 4 = 32  maka 32 : 8 = 4

32 : 4 = 8

  1. 4  x 6 = 24 maka    24 : 4 = 6

24 : 6 = 4

  1. Supaya yang menerima telepon dapat memahami maksud dan tujuan apa yang bicarakan
  2. Jika cara bertelepon kita tidak baik maka  yang menerima telepon akan marah dan maksud serta tujuannya tidak akan tercapai
  3. Jawaban disesuaikan

Pertemuan ke-13 (ke tiga belas)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : IPS, IPA, MM

Tujuan Pembelajaran:

IPS

–  Melalui bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan cara-cara memelihara lingkungan alam dan buatan dengan baik

IPA

–  Melalui bimbingan guru,  siswa dapat mempratekkan cara memelihara tanaman

MM

–  Melalui alat peraga dan bimbingan guru, siswa dapat membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam

Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris didepan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
      5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (10 menit)

  1. Guru meminta siswa untuk menagamati gambar lingkungan alam dan buatan
  2. Siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama lingkungan yang ada dalam gambar tersebut
  3. Siswa diminta untuk menjelaskan cara-cara merawat lingkungan alam dan buatan.
  4. Siswa diminta menceritakan pengalamannya tentang merawat lingkungan
  5. Guru membimbing siswa
  6. Siswa diminta untuk mempratekkan cara memelihara tanaman
  7. Guru menjelaskan membaca tanda waktu sampai 5 menit pada jarum jam
  8. Siswa diminta guru untuk menunjukkan waktu yang telah ditentukan dan menuliskan dipapan tulis.
  9. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  10. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  11. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (10 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang bersifat membangun.
  4. Guru menutup pelajaran

VII.  Model Pembelajaran

Model       : Pembelajaran Tematik

Metode     : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–  Gambar-gambar tentang lingkungan

  • Ø Sumber:

–  Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–  Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

–  Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Semester I karangan Sri Harmi Penerbit PT. Tiga Serangkai

–  Buku Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 3 Semester I karangan Tim Bina Karya Guru karangan Erlangga

–  Buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas III Semester I karangan Sri Harmi Penerbit PT. Tiga Serangkai

IX. Penilaian

–  Prosedur   : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–  Teknik      ; Evaluasi

–  Bentuk     : Isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam bersimulasi

2

3

4

5

dst

Soal Evaluasi

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

  1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan?
  2. Sebutkan contoh lingkungan yang termasuk lingkungan alami?
  3. Jelaskan cara merawat lingkungan alami?
  4. Menunjukkan pukul berapakah jarum jam pada gambar jam berikut ini:
  1. Bacalah waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam kemudian gambarlah:
  2. Pukul 04.45
  3. Pukul 04.35
  4. Pukul 11.05
  5. Pukul 12.25

Kunci Jawaban

  1. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita
  2. Contoh lingkungan yang termasuk lingkungan alami adalah laut, danau, sungai
  3. Cara merawat lingkungan alami adalah dengan cara: menjaga kelestarian air, menjaga kelestarian udara, menjaga kelestarian tanah
  4. Menunjukkan pukul:
    1. Pukul 05.05
    2. Pukul 06.35
    3. Pukul 07.20
    4. Pukul 12.10
  1. a.Pukul empat lewat lima belas menit

b. Pukul empat lebih tiga puluh menit

c, Pukul sebelas lewat lima menit

d. Pukul dua belas lewat dua puluh lima menit

a.                        b.                    c.                     d.

Pertemuan ke-14 (ke empat belas)

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : Pkn, IPA, BI,

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø PKn

–   Melalui penjelasan dan bimbingan guru, siswa dapat menjelaskan pentingnya menjunjung tinggi nilai –nilai persatuan/

–  Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan persatuan

  • Ø IPA

–  Melalui demostrasi, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair

–  Melalui demostrasi, siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas

  • Ø BI

–  Melalui bimbingan guru, siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan sen

Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

a.  Pra Kegiatan (10 menit)

Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.

b. Kegiatan Pembuka (10 menit)

  1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
  2. Guru dan siswa berdoa bersama
  3. Guru mengecek kehadiran siswa
  4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
  5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Siswa diminta untuk menyebutkan contoh-contoh yang mencerminkan persatuan
  2. Siswa menjelaskan pentingnya menjunjung persatuan
  3. Guru membimbing siswa
  4. Siswa mengamati benda-benda (cair dan gas) yang ada di depan kelas
  5. Siswa diminta untuk menyebutkan nama-nama benda tersebut
  6. Guru bersama siswa melakukan demonstrasi untuk mengidentifikasi sifat-sifat benda cair dan gas.
  7. Siswa menuliskan hasil pengamatanya dalam LKS.
  8. Guru membimbing siswa dalam mengerjakan LKS
  9. Siswa diminta untuk membuat suatu kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan sen
  10. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  11. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  12. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang bersifat membangun.
  4. Guru menutup pelajaran

VII. Model Pembelajaran

Model       : Pembelajaran Tematik

Metode     : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat: Macam-macam benda cair dan gas
  • Ø Sumber:

–  Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–  Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

–  Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas III karangan Slamet, dkk penerbit Depdiknastahun 2008

–  Buku bahasa Indonesia kelas III semester I, penerbit Erlangga

IX. Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : Essay

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam bersimulasi

2

3

4

5

dst

Soal Evaluaasi

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat!

  1. Jelaskan mengapa perlunya kita menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia?
  2. Sebutkan 3 contoh prilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan ?
  3. Sebutkan 3 contoh prilaku yang mencerminkan persatuan?
  4. Sebutkan sifat-sifat benda gas?
  5. Sebutkan 3 contoh benda gas?
  6. Jelaskan bentuk benda cair?
  7. Sebutkan 3 contoh benda cair?

Perbaikilah kalimat dibawah ini dengan menggunakan tanda koma pada kata yang bercetak tebal dengan benar dan tepat!

  1. Uang doni ada sepuluh ribu lima rataus rupiah
  2. Uang pecahan dua puluh lima rupiah sudah jarang digunakan orang

10.  Tali itu panjangnya setengah meter.

Kunci Jawaban:

  1. Persatuan dan kesatuan perlu bagi bangsa Indonesia agar tidak mudah terjajah lagi oleh bangsa lain.
  2. 3 contoh prilaku yang dapat merusak persatuan dan kesatuan yaitu tidak menghargai pendapat orang lain, memiki sifat yang egisme, memiliki sifat sukuisme
  3. 3 contoh prilaku yang mencerminkan persatuan yaitu menghargai pendapat orang lain, mengikuti upcara bendera, berteman dengan cara tidak membedakan-bedakan
  4. Sifat-sifat benda cair selalu menempati wadahnya
  5. 3 contoh benda gas adalah udara dan balon
  6. Bentuk benda cair adalah selalu menenpati ruangan atau wadahnya
  7. Sebutkan 3 contoh benda cair yaitu air, minyak goreng, parfum.
  8. Uang doni ada Rp 10.500, 00
  9. Uang pecahan Rp 25  sudah jarang digunakan orang

10.  Tali itu panjangnya 1,5 M.

Pertemuan ke 15

Hari / Tanggal           :

Waktu                                     : 3 x 35 menit

Mata Pelajaran           : BI, PKn, MM

Tujuan Pembelajaran:

  • Ø BI

–  Melalui bimbingan guru,siswa dapat menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat dengan benar

  • Ø PKN

–  Melalui pengamatan gambar, siswa dapat menyebutkan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari

  • Ø MM

–  Melalui alat peraga dan bimbingan guru. siswa dapat menentukan hubungan antarsatuan antarsatuan berat : kg, ons, gram

Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan

  1. Pra Kegiatan (10 menit)
    1. Siswa berbaris di depan kelas
    2. Guru menyiapkan RPP, buku sumber, alat dan bahan pembelajaran.
    3. Kegiatan Pembuka (10 menit)
      1. Guru mengkondisikan suasana kelas agar siap untuk belajar
      2. Guru dan siswa berdoa bersama
      3. Guru mengecek kehadiran siswa
      4. Guru menyampaikan apersepsi yang berhubungan dengan materi pelajaran
      5. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran.

B.  Kegiatan Inti (70 menit)

  1. Siswa diminta menjelaskan tentang huruf  kapital
  2. Siswa diminta untuk menyebutkan penggunaan huruf  kapital dalam suatu bacaan
  3. Guru menempelkan teks sumpah pemuda di papan tulis.
  4. Siswa secara bersama-sama membaca teks sumpah pemuda tersebut
  5. Siswa diminta untuk menanggapi tanda baca pada teks tersebut.
  6. Guru meminta siswa untuk menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam teks sumpah pemuda.
  7. Siswa diminta untuk menyebutkan contoh perbuatan-perbuatan yang merupakan penerapan nilai sumpah pemuda.
  8. Guru menjelaskan hubungan antar satuan berat dengan menggunakan anak tangga
  9. Siswa diminta guru untuk menyelesaikan beberapa soal contoh dipapan tulis.
  10. Guru membimbing siswa.
  11. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum jelas,
  12. Siswa diberi kesempatan untuk mencatat materi pelajaran yang ada di papan tulis
  13. Siswa mengerjakan evaluasi dan guru mengawasi siswa

C.  Kegiatan Akhir  (15 menit)

  1. Guru memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa
  2. Siswa dengan dibimbing guru menyimpulkan materi pelajaran
  3. Guru memberikan pengayaan berupa nasehat-nasehat yang bersifat membangun.
  4. Guru menutup pelajaran

VII. Model Pembelajaran

Model       : Pembelajaran Tematik

Metode     : Ceramah, Tanya jawab, pemberian tugas, demonstrasi, pengamatan

VIII. Alat dan Sumber Bahan

  • Ø Alat:

–  Teks “Sumpah Pemuda”,

–   Tangga satuan berat.

  • Ø Sumber:

–       Buku Tematik kelas 3 semester I karangan Asep Sutisna dan Wawan Setiawan penerbit Sarana Panca Karya Nusa.

–       Kurikulum dan Silabus Tematik kelas III semester I penerbit BSNP

–       Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas III karangan Slamet, dkk penerbit Depdiknastahun 2008

–       Buku bahasa Indonesia kelas III semester I, penerbit Erlangga

–       Buku Matematika kelas III semester I karangan Jautar,dkk  penerbit Ganeca Exact

–       Buku Matematika 3 Karangan Rina, dkk penerbit Acarya Media Utama

IX. Penilaian

–   Prosedur     : Proses (lisan) dan hasil (tertulis)

–   Teknik        ; Evaluasi

–   Bentuk        : Isian

Table Penilaian Proses

No Nama Siswa Aspek Yang di Nilai Nilai
Keaktifan Keseriusan Ketepatan dalam membaca wacana

2

3

4

5

6

dst

Soal Evaluasi

Isilah pertanyaan dibawah ini dengan tepat:

  1. Taman itu sangat indah aku sering datang ke sana di sana banyak bunga dan pepohonan di sana juga ada kolam yang bagus airnya bening dan di atasnya tumbuh teratai teratai itu berbunga sepanjang hari aku senang sekali bermain-main ditaman

Perbaikilah paragraf di atas dengan menggunakan tanda baca yang benar dan huruf kapital yang tepat!

  1. Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam sumpah pemuda…………………….
  2. 3 contoh perbuatan yang terkandung dalam sumpah pemuda……………………………
  3. 2.500 gr + 1 kg = …..gr
  4. Untuk membuat bubur kacang hijau dibutuhkan gula 1 kg. Ibu Andi sudah membeli gula merah 5 ons. Berapa gram gula yang harus dibeli lagi oleh ibu Andi?

Kunci Jawaban

  1. Taman itu sangat indah.Aku sering datang ke sana, di sana banyak bunga, dan pepohonan di sana juga ada kolam yang bagus.Airnya bening, dan di atasnya tumbuh teratai, teratai itu berbunga sepanjang hari. Aku senang sekali bermain-main ditaman.
  2. Nilai-nilai yang terkandung dalam sumpah pemuda adalah nilai persatuan dan kesatuan, nilai kebersamaan, dan nilai cinta tanah air
  3. contoh perbuatan yang terkandung dalam makna sumpah pemuda adalah mengikuti upacara bendera
  4. 2.500 gr + 1 kg = 3. 500 gr
  5. 10 ons – 5 ons – 5 ons

Mengetahui                                                                                          Bengkulu,  Juli 2009

Dosen Pembimbing                                                                                 Pratikan

Dra. Sri Dadi,M.Pd Yesi Aprimanita

NIP. 132 073 298                                                                             NPM. A1G007077

2 Responses to RPP Tematik

  1. rudy gunawan says:

    apa ada rpp tematik yang kegiatan intinya sudah mencantumkan elaborasi,konfirmasi

    • mey20 says:

      blum ad rpp tematik yg sperti rudi sbutin, yg sya plajari rppnya dg mencantumkn produk, proses n kterampiln sosial, n bru2ni yg bkal kmi plajari yg menggunkan kognitif, afektif, psikomotor……….

Tinggalkan komentar