Laporan Awal Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II
LAPORAN AWAL KELOMPOK
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL II )
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
DI SD NEGERI 99 KOTA BENGKULU
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya-lah penulis dapat menyelesaikan laporan kelompok Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) di SD Negeri 99 kota Bengkulu dengan keadaan sehat walafiat sehingga selesai tepat pada waktunya. Laporan kelompok ini disusun berdasarkan hasil observasi di SD Negeri 99 Kota Bengkulu.
Penulisan laporan awal pelaksanaan PPL II dimaksudkan untuk memenuhi syarat dalam menyelesaikan program S1 PGSD. Dalam penulisan laporan awal ini kami banyak sekali mendapat bantuan, saran, dan informasi yang kami butuhkan sehingga penulisan laporan awal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada:
- Unit Praktik Pengalaman Lapangan (UPPL), sebagai unit yang membuat program ini bisa terlaksana.
- Ibu Yorsa Nengsih, S.Pd selaku kepala sekolah SDN 99 Kota Bengkulu.
- Dra. Hj. Resnani, M. Si. selaku dosen pembimbing.
- Dewan Guru SDN 99 Kota Bengkulu selaku guru pamong kegiatan PPL II.
- Dewan guru dan staf tata usaha SDN 99 Kota Bengkulu.
- Rekan-rekan mahasiswa S1 PGSD yang melaksanakan PPL II di SDN 99 Kota Bengkulu.
- Pihak lain yang membantu kami dalam menyelesaikan laporan ini.
Penulis menyadari dalam laporan Kelompok ini masih banyak kekurangan, untuk itu Penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya dapat membangun demi perbaikan untuk masa yang akan datang. Demikianlah, penulis berharap laporan ini bermanfaat bagi pembacanya.
Bengkulu, September 2010
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul……………………………………………………………………………………
Halaman Pengesahan………………………………………………………………………….
Kata Pengantar…………………………………………………………………………………..
Daftar Isi…………………………………………………………………………………………….
Daftar Lampiran………………………………………………………………………………..
BAB I PENDAHULUAN
- Latar belakang…………………………………………………………………………..
- Tujuan………………………………………………………………………………………
- Manfaat…………………………………………………………………………………….
BAB II PELAKSANAAN
- Kegiatan Akademik……………………………………………………………………
- Kegiatan Administrasi………………………………………………………………..
- Kegiatan Non Akademik…………………………………………………………….
- Masalah Pembelajaran yang dihadap guru……………………………………..
BAB III PENUTUP
- Kesimpulan……………………………………………………………………………….
- Saran………………………………………………………………………………………..
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR LAMPIRAN
- Surat keterangan telah melaksanakan observasi di SD Negeri 99 Kota Bengkulu
- Kondisi fisik SD negeri 99 Kota Bengkulu (Form 1)
- Hasil pengamatan proses pembelajaran di kelas (Form 2)
- Daftar nama guru dan tata usaha
DINAS PENDIDIKAN NASIONAL
PEMERINTAH KOTA BENGKULU
SEKOLAH DASAR NEGERI 99 KOTA BENGKULU
SURAT KETERANGAN
No:
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Yorsa Nengsih, S.Pd
NIP : 19720624 199405 2001
Jabatan : Kepala Sekolah SD Negeri 99 Kota Bengkulu
Dengan ini menerangka bahwa:
- Andreas Darma Salam A1G007083
- Elia Kontesa A1G007138
- Meike Pertiwi Mastri A1G007153
- Wirda Hayati A1G007041
- Yesi Aprimanita A1G007077
Fakultas : KIP
Prodi : S1 PGSD
Nama-nama di atas telah melaksanakan tugas pembuatan laporan awal PPL II di SD Negeri 99 Kota Bengkulu dari tanggal 02 September sampai 04 September 2010 dengan baik.
Surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan seperlunya.
Bengkulu, September 2010
Kepala Sekolah SDN 99 Kota Bengkulu
Yorsa Nengsih, S. Pd
NIP 19720624 199405 2001
FO 1 Untuk Mahasiswa |
FORMAT OBSERVASI
KONDISI SEKOLAH
Nama Sekolah :……………… Nama Mahasiswa:…………………
Alamat Sekolah :……………… NPM :…………………
Prodi : S1 PGSD
No. | Aspek yang diobservasi | Deskripsi Hasil Pengamatan | Keterangan |
1 | Kondisi fisik sekolah | ||
2 | Potensi siswa | ||
3 | Potensi Guru | ||
4 | Potensi Karyawan | ||
5 | Fasilitas KBM, media | ||
6 | Perpustakaan | ||
7 | Laboratorium | ||
8 | Bimbingan konseling | ||
9 | Bimbingan belajar | ||
10 | Organisasi dan fasilitas Osis | ||
11 | Organisasi dan fasilitas UKS | ||
12 | Adminitrasi (karyawan, sekolah, dinding) | ||
13 | Karya Tulis Ilmiah Remaja | ||
14 | Karya Ilmiah oleh Guru | ||
15 | Koperasi siswa | ||
16 | Tempat Ibadah | ||
17 | Kesehatan lingkungan | ||
18 | Lain-lain…………. |
Bengkulu, September 2010
Kepala SekolahYorsa Nengsih, S.PdNIP 130 946 120 | Praktikan( )NPM |
Form 1
Hasil Observasi Kondisi Sekolah
Aspek yang diobservasi:
1. Kondisi fisik sekolah
Bangunan gedung SD Negeri 07 Kota Bengkulu sedah sangat bagus dan berbentuk permanen. Ruang terdiri dari 12 ruangan kelas belajar dan ditambah 1 ruang kepala sekolah, 1 perpustakaan, 1 ruang UKS, 1 ruang guru, 1 gudang, 4 WC, 1 rumah penjaga sekolah.
2. Potensi Siswa
Berdasarkan pengamatan kami, siswa SD Negeri 07 Kota Bengkulu memiliki potensi yang cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan adanya keberhasilan mereka dalam mengikuti berbagai kegiatan lomba setingkat sekolah dasar yang mendapatkan hasil yang signifikan seperti lomba cerdas cermat, dll.
3. Potensi Guru
Tenaga pengajar yang ada di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah memenuhi standar. Dalam pengajaran, guru sudah menerapkan metode-metode dan media yang beragam.
4. Potensi Karyawan
Karyawan-karyawan tata usaha yang ada di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah baik, mereka sudah menguasai bidang-bidang yang mereka geluti masing-masing.
5. Fasilitas KBM (Media)
Fasilitas yang ada di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah sangat mendukung dalam proses belajar mengajar. Ini terbukti dari adanya kelengkapan alat/ fasilitas belajar di dalam kelas dan perpustakaan.
6. Perpustakaan
Perpustakaan di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah lengkap. Hal ini dapat dilihat dari adanya buku-buku belaar, buku bacaan, dan buku penunjang lainnya. Selain itu juga terdapat media-media pembelajaran yang bisa dipakai kapan saja.
7. Laboratorium
Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu belum dilengkapi dengan ruang laboratorium. Pembelajaran yang materinya harus dipraktikkan, langsung dikerjakan di ruang kelas.
8. Bimbingan Konseling
SD Negeri 07 Kota Bengkulu melakukan bimbingan konseling langsung di ruang guru dan di ruang kepala sekolah.
9. Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar langsung dibimbing oleh guru kelas atau guru mata pelajaran yang bersangkutan.
10. Fasilitas UKS
Fasilitas UKS SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah cukup seperti tempat tidur, timbangan, obat-obatan, dll.
11. Tempat Ibadah
Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu belum ada tempat peribadahan khusus akan tetapi ruang UKS bisa dimanfaatan untuk beribadah.
12. Kesehatan Lingkungan
Berdasarkan observasi yang telah kami laksanakan selama masa observasi, keadaan lingkungan sehat karena ditunjang oleh kebersihan siswa yang baik dan ditambah adanya petugas kebersihan sekolah dan penjaga sekolah.
FO 2 Untuk Mahasiswa |
FORMAT OBSERVASI
PEMBELAJARAN DI KELAS
DAN OBSERVASI PESERTA DIDIK
Nama Sekolah :……………… Nama Mahasiswa:…………………
Alamat Sekolah :……………… NPM :…………………
Hari/ Tanggal :………………. Prodi : S1 PGSD
No. | Aspek yang diobservasi | Deskripsi Hasil Pengamatan |
A | Perangkat Pembelajaran | |
|
||
|
||
|
||
B | Proses Pembelajaran | |
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
|
||
C | Perilaku Siswa | |
|
||
|
Bengkulu, September 2010
Kepala SekolahYorsa nengsih, S.PdNIP | Praktikan( )NPM |
Form 2
Hasil Observasi Proses Pembelajaran di Kelas
Aspek yang diobservasi:
- Perangkat Pembelajaran
- Satuan Pembelajaran
Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu tidak lagi menggunakan satuan pembelajaran.
- Rencana Pembelajaran
Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah menggunakan rencana pemblajaran yang dibuat sesuai dengan kurikulum yang ada.
2. Silabus
Di SD Negeri 07 Kota Bengkulu seluruh guru telah membuat silabus berdasarkan kurikulum.
- Proses Pembelajaran
- Membuka Pelajaran
Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu membuka pelajaran dengan baik, ini dibuktikan dengan adanya pemberian apersepsi yang tepat sesuai dengan materi pelajaran sehingga pembelajaran akan lebih menantang dan menarik untuk disimak oleh anak-anak.
1. Penyajian/ Materi
Materi disajikan dengan baik, hal ini dilihat dari cara penyampaian materi pada siswa.
2. Metode Pembelajaran
Penggunaan metode pembelajaran guru sudah menyesuaikan diri dengan metode pembelaran yang disampaikan.
3. Penggunaan Bahasa yang Digunakan
Penggunaan bahasa yang digunakan sudah baik, ini terlihat dari penggunaan bahasa yang luwes dan penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh anak.
4. Penggunaan Waktu
Di sini guru sudah menyesuaikan waktu dengan alokasi waktu yang tersedia.
5. Gerak
Bahasa tubuh/ gerak yang ditimbulkan oleh seorang guru dalam mengajar sudah baik, itu dibuktikan dari keakraban guru dan siswa.
6. Cara Memotivasi Siswa
Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah baik dalam memotivasi siswa, ini terlihat dari semangat siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar.
7. Tekhnik Bertanya
Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah menerapkan tekhnik bertanya yang baik karena guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu telah memahami tekhnik bertanya dasar dan bertanya lanjut.
8. Tekhnik Penguasaan kelas
Guru SD Negeri 07 Kota Bengkulu sudah menerapkan tekhnik penguasaan kelas seperti mengatur ruangan dan mengkondisikan kelas.
9. Penggunaan Media
Penggunaan media sudah diterapkan di SD Negeri 07 Kota Bengkulu dan sudah disesuaikan dengan materi yang ingin disampaikan.
10. Bentuk dan Cara Evaluasi
Hasil observasi yang kami peroleh, cara guru mengevaluasi akhir proses pembelajaran dalam bentuk tertulis dan lisan.
11. Penutup Pelajaran
Dalam akhir pembelajaran, guru sudah menerapkan cara menutup pembelajaran yang dibutuhkan oleh siswa seperti: seorang guru sudah membimbing siswa dalam menyimpulkan materi dan memberikan tindak lanjut.
2. Perilaku Siswa
1. Perilaku Siswa di Dalam Kelas
Pada saat siswa belajar di dalam kelas, perilaku siswa sudah menunjukkan sikap yang baik seperti sopan terhadap guru dan memperhatikan pembelajaran, serta perilaku siswa saling menghargai satu sama lain.
2. Perilaku Siswa di Luar Kelas
Perilaku siswa di luar kelas yang kami tekankan pada saat mereka istirahat, dimana pada umumnya perilaku siswa cenderung egois dikarenakan mereka masih dalam tingkat perkembangan anak.
mudah-mudah bisa tertular ilmunya
amin ya robbal alamin…. ^^ terima kasih telah berkunjung…