Tugas 2 Sistem Operasi Filemanagement

1. Apa yang dimaksud dengan virtual memori? Apa keuntungannya?

Solusi :

Memori virtual (dalam bahasa Inggris: virtual Memory) adalah sebuah mekanisme yang digunakan oleh aplikasi untuk menggunakan sebagian dari memori sekunder seolah-olah ia menggunakannya sebagai RAM fisik yang terinstal di dalam sebuah sistem. Mekanisme ini beroperasi dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas di dalam hard drive yang disebut dengan swap file, page file atau swap partition.

Keuntungan: keuntungan penggunaan memori virtual adalah sebagai berikut:

  • Berkurangnya  proses  I/O  yang  dibutuhkan  (lalu  lintas  I/O  menjadi  rendah).  Misalnya  untuk
  • program butuh membaca dari disk dan memasukkan dalam memory setiap kali diakses.
  • Ruang  menjadi  lebih  leluasa  karena  berkurangnya  memori  fisik  yang  digunakan.  Contoh,  untuk program  10  MB  tidak  seluruh  bagian  dimasukkan  dalam  memori  fisik.  Pesan-pesan  error  hanya dimasukkan jika terjadi error.
  • Meningkatnya respon, karena menurunnya beban I/O dan memori.
  • Bertambahnya  jumlah  pengguna  yang  dapat  dilayani.  Ruang  memori  yang  masih  tersedia  luas memungkinkan komputer untuk menerima lebih banyak permintaan dari pengguna.

2. Apa yang dimaksud dengan segmentasi dalam memory management? Gambarkan bila perlu!

Solusi :

segmentasi adalah sebuah bagian dari managemen memori yang mengatur pengalamatan dari memori yang terdiri dari segmen-segmen. Logical address space adalah kumpulan dari segmen-segmen yang mana tiap-tiap segmen mempunyai nama dan panjang. Alamat tersebut menunjukkan alamat dari segmen tersebut dan offset-nya didalam segmen-segmen tersebut.

gambar :

3. Jelaskan tentang paging dalam pengaturan memori dan jelaskan keuntungannya!

Solusi :

Paging adalah membagi memori utama menjadi frame  –frameckecil bberukuran sama.  Setiap proses dibagi menjadi page – page berukuran sama. Setiap proses dibagi menjadi page – page berukuran sama dengan frame. Proses yang lebih kecil membutuhkan page yang lebih sedikit, sedangkan proses – proses besar akan memerlukan page yang lebih banyak.  Ketika sebuah proses dibawa ke dalam memori, page  – pagenya dimuatkan ke dalam frame yang tersedia, dan kemudian tabel dibentuk.

Page tabel digunakan untuk mengubah alamat logik menjadi alamat fisik dan juga sebaliknya.  Pada saat suatu proses sedang berjalan, sebuah register menyimpan alamat awal page table proses tersebut .  Nomor halaman alamat virtual digunakan untuk mengindek table tersebut dan meng -look up lnomor frame -nya. Hal inini adikombinasikan dengan bagian offset dari alamat virtual untuk menghasilkan alamat  real yang diinginkan. Tabel ini bisa sangat besar , sehingga sebagian besar teknik ini menyimpan tabel pada memori virtual, bukan pada real memori . Pada saat suatu proses sedang berjalan, sedikitnya bagian page table-nya harus berada ddi memori utama , termasuktpage table entry yang  sedang dieksekusi.

Keuntungannya :

  • Dengan paging, programmer tidak perlu tahu teknik yang digunakan. Dengan kata lain, metode ini tidak melibatkan programmer.
  • Pada paging, kompilasi dan proteksinya tidak dilakukan secara terpisah.
  • Tidak ada shared code.
  • Pada  paging  hanya  terdapat  satu  ruang  alamat  linier.  Paging  digunakan  untuk  mendapatkan ruang alamat linier yang besar tanpa perlu membeli memori fisik lebih.
  • Pada paging prosedur dan data tidak dapat dibedakan dan diproteksi terpisah
  • Pada paging pengubahan ukuran table tidak dapat dilakukan dengan mudah.

4. Apa solusi yang di tawarkan oleh management memori terhadap kasus ketika segmentasi melampaui kemampuan dari virtual memori?jelaskan jawaban dari solusi anda!

Solusi :

memori  virtual dapat dilakukan melalui cara permintaan pemberian halaman (demand paging). Dalam hal ini page pada permintaan pemberian halaman tidak akan pernah di-swap ke memori sampai benar – benar

diperlukan.  Untuk  itu,  diperlukan adanya pengecekan  dengan  bantuan  perangkat  keras  mengenai lokasi  dari  page  saat  ia  dibutuhkan.  Perangkat  –  perangkat  keras  tersebut  sama  dengan  yang  digunakan untuk paging dan swapping , yaitu :

  • Page- table, menandai bit valid-tidak valid.
  • Secondary memory, tempat menyimpan page yang tidak ada di memori utama.

Skema bit  valid-tidak  valid,  dimana  disini pengertian “valid”  berarti bahwa  page  legal dan berada dalam memori, sedangkan “tidak valid” berarti page tidak ada atau page ada, tetapi tidak ditemui di memori.

5. Apa yang terjadi apabila timbunan dari set tugas melampaui kapasitas memori fisik komputer? Jelaskan dan gambarkan bila perlu!

Solusi :

apabila timbunan dari set tugas melampaui kapasitas memori fisik Komputer maka akan terjadi :

  • Komputer akan sering mengalami error, yang mengakibatkan kinerja komputer menjadi lambat.
  • deadlock, yaitu pada suatu saat ada suatu proses yang memakai sumber daya dan ada proses  lain  yang  menunggunya.  Dengan  kata  lain,  deadlock  dapat  terjadi  pada  suatu prosesdisebabkan proses itu menunggu suatu kejadian tertentu yang tidak akan pernah terjadi.  Deadlock  dapat  menjadi  hal  yang  merugikan,  karena  dapat  membuat  sistem menjadi kacau dan membuat sistem tersebut tidak berguna.
  • Race  Condition,  adalah  situasi dimana beberapa proses mengakses  dan  memanipulasi data  bersama  pada  saat  yang  bersamaan.  Nilai  akhir  dari  data  bersama  tersebut tergantung  pada  proses  yang  terakhir  selesai.  Untuk  mencegahnya,  proses  –  proses yang berjalan harus disinkronisasi.

Gambar deadlock salah satu akibat dari set tugas melampaui kapasitas memori fisik Komputer


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: